Ganjar beserta anggota Nusantara Cycling Team, saat menyusuri wilayah Kota Lama. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Belasan atlet sepeda dari Nusantara Cycling Team, diajak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, gowes keliling Kota Semarang, Jumat (17/2/2023). Mereka saat ini sedang bersiap mengikuti event internasional di Cina, pada April mendatang.

Nusantara Cycling Team merupakan klub balap sepeda di Indonesia, yang ber-homebase di Yogyakarta. Mereka berpengalaman ikut bersaing di Jelajah Malaysia, Go Philippines Tour International, Tour de Singkarak, Tour de Siak, Oita Criterium Japan, dan Tour of Japan.

Selain itu, mereka juga turut serta di ajang kejuaraan Nasional. Misalnya Indonesian Road National Championship, Tour de Borobudur, Gmedia Race and Rise.

BACA JUGA: Ketua MK Resmikan Smart Board Mini Court Room FH Unissula

Ganjar mengatakan, para alet muda ini perlu mendapatkan dukungan penuh, untuk dapat mengembangkan bakat dan prestasinya. Beberapa di antara mereka, juga pernah gowes bareng Ganjar di Tour de Borobudur pada 2022 lalu.

”Ini dari Sumedang, ini atlet hebat. Tadi saya di belakang dia pas naik tinggi (di Jalan Sumbing-red), dia hanya nari-nari saja,” seloroh Ganjar.

Pagi itu Ganjar dan para pesepeda gowes dengan rute melintasi jalan protokol Kota Semarang. Berangkat dari Rumah Dinas Puri Gedeh, menuju ke Jalan S Parman, melintasi RSUP dr Kariadi, ke arah Kelenteng Sam Poo Kong.

BACA JUGA: SMA Negeri Kradenan Gelar Kegiatan Kesenian dan Pameran Produk untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kemudian di Jalan Pamularsih, Ganjar mengajak mereka menyusuri Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Imam Bonjol. Mereka juga diajak Ganjar melintasi Kota Lama dan diajak berfoto di beberapa titik ikonik, di antaranya Rumah Akar, dan Gereja Blenduk.

Mantan anggota DPR RI itu mengaku senang, karena momen Jumat pagi ini ditemani atlet profesional, setelah lama tidak bersepeda. Apalagi dalam waktu dekat, mereka akan mengikuti event internasional di Cina dan Jepang.

”Mereka ini anak-anak Indonesia yang sangat berbakat, yang butuh perhatian kita. Mereka butuh ruang-ruang bertanding yang lebih banyak, untuk menguji prestasi, keterampilan, kemampuan, semangat, mental, dan semuanya,” ucapnya.

BACA JUGA: Panen Raya Padi di Grobogan, Ganjar Ajak Kaum Milenial Jadi Petani Modern

Selama gowes, Ganjar banyak mendengar cerita pengalaman para pesepeda. Menurutnya, mereka butuh dukungan dari berbagai pihak, untuk bisa makin maju dan berkembang, tak hanya prestasi namun juga karier.

Pengalaman gowes bareng orang nomor satu di Jateng itu pun berkesan bagi Imam dan Angga. Mereka yang biasanya bersepeda dengan kecepatan tinggi, merasakan keseruan gowes santai keliling Kota Semarang.

”Aku baru dua kali ke Semarang, jadi belum tahu jalan. Tadi sih diajak gowes kota-kota, ada ke Kota Lama. Asyik juga sih, seru, jarang juga bisa sama Pak Gubernur,” ujar Angga, pesepeda asal Tangerang.

BACA JUGA: PN Blora Kampanye Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Alun Alun Kota

Hal senada dikatakan Imam. Pesepeda asli Sukoharjo itu senang bisa mendapat kesempatan bersepeda bareng Gubernur Ganjar Pranowo. ”Seneng banget, ini pertama kali gowes sama Pak Ganjar,” ucapnya.

Baik Imam mau pun Angga berharap, ke depan akan lebih banyak dukungan untuk klub balap sepedanya. Sehingga, nantinya akan lebih banyak event Nasional maupun internasional yang bisa diikuti.

”Kami harap apa pun itu, kami ingin sama-sama maju. Kami mainnya masih di Asia, jadi targetnya bisa Top 5 di Asia. Salah satu lawan yang paling berat ya Tim Kazakhstan,” tandas Imam.

Riyan