blank
ilustrasi berpuasa. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bagi umat Islam di seluruh dunia, puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan ketika memasuki bulan Ramadan. Namun ternyata, puasa bukanlah sekedar kewajiban, sebab ada sejumlah manfaat puasa untuk kesehatan. Bahkan beberapa metode diet juga dilakukan dengan cara berpuasa.

Puasa memiliki banyak manfaat loh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anak kelebihan berat badan, mengajarkan anak untuk displin, melatih anak mengendalikan diri dan bersabar.

Bagi yang belum tahu apa saja manfaat puasa untuk kesehatan, mengutip laman Alodokter berikut manfaatnya.

Baca Juga: 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan, Apa Saja?

1. Menurunkan Berat Badan

Puasa memang bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Pada kondisi normal, sumber energi utama tubuh adalah gula yang diperoleh dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di hati dan otot.

Nah selama berpuasa, asupan gula dan lemak yang disimpan tadi akan digunakan sebagai energi yang dibutuhkan tubuh. Jika sumber energi tadi masih belum cukup, maka protein otot akan dibakar untuk menghasilkan energi. Karena itulah, kalori dalam tubuh bisa berkurang saat berpuasa.

Maka dari itu, selama puasa pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat, alhasil berat badan pun ikut turun.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menurunkan berat badan, puasa juga bisa menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin berpuasa selama 1 bulan, maka risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, dan darah tinggi lebih rendah dibanding dengan orang yang tidak berpuasa.

Baca Juga: Simak Doa Buka Puasa Bulan Rajab Menurut Hadist 

Hal ini disebabkan selama puasa, sebagian orang biasanya mengubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk mengurangi makanan berlemak tinggi.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat selanjutnya dari puasa adalah menurunkan risiko diabetes. Puasa dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja hormon yang mengatur kadar gula darah, yakni insulin.

Sebuah riset pun menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kestabilan kadar gula darah.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Bagaimana bisa puasa bermanfaat menjaga kesehatan mental? Tentu saja bisa. Hal ini dikarenakan puasa dapat membantu menurunkan kadar hormon stres atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Hal tersebut berkaitan dengan efek puasa yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, puasa juga dapat membuat seseorang lebih dekat dengan Tuhan, sehingga suasana batinnya lebih tenang dan pikirannya lebih jernih.

Nah, itu tadi beberapa manfaat puasa untuk kesehatan yang belum banyak orang tahu.

Claudia