blank
Basarnas Cilacap memperingati HUT ke-51 dengan dengan tema "Cepat, Tanggap, Selamatkan Jiwa”. Foto: Dok/SAR

CILACAP (SUARABARU.ID) – Basarnas Cilacap memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 dengan melaksanakan upacara.

Upacara tersebut juga digelar serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT). Peringatan HUT ke-51 tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Cepat, Tanggap, Selamatkan Jiwa”.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa saat membacakan amanat Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengatakan, tema “Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa” merupakan representasi semangat dan tekad kita, untuk memberikan pelayanan SAR yang terbaik kepada masyarakat. Sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap. Hadir juga dari BPBD Kabupaten Banyumas, RAPI Cilacap, Cilacap Rescue, SAR Jetis, Siaga Peduli Cilacap, dan Ubaloka Cilacap.

Menurut Adah, untuk meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan SAR terbaik kepada masyarakat harus selalu mengupayakan dalam meningkatkan kemampuan SDM, dengan pelatihan dan pengembangan yang lebih intensif, serta memperkuat kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti kementerian/Lembaga, TNI-Polri, organisasi masyarakat, dan organisasi Internasional.

“Mengembangkan dan memperkuat infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memberi layanan dengan cepat pencarian dan pertolongan, agar proses penyelamatan insan manusia berhasil, sesuai dengan apa yang diharapkan,” tuturnya.

Selain itu, kata Adah, terus belajar mengevaluasi setiap kejadian untuk dijadikan pelajaran, demi meningkatkan layanan SAR kepada masyarakat Indonesia khususnya, dan insan manusia pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan SAR Award kepada BPBD Kabupaten Banyumas atas pemberian bantuan dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Ning Suparningsih