ilsutrasi teh melati. Foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh merupakan minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Untuk kamu yang sering mengeluhkan suasana hati kurang baik di pagi hari, jangan khawatir ya! Kamu bisa mulai merubah pola hidupmu sehari-hari terutama ketika pagi hari. Mulailah dengan bangun lebh awal dan kerjakan ibadah atau meditasi.

Setelahnya, kamu bisa lakukan olahraga ringan seperti berlari-lari kecil memngelilingi komplek, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar pekaranga rumah.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kecemasan, 3 Efek Samping Terlalu Sering MengonsumsiTeh

Agar tubuhmu hangat, kamu bisa menyeduh minuman hangat seperti kopi, teh, susu, ataupun minuman hangat yang lainnya. Namun jika kamu mendambakan citarasa herbal, ada baiknya kamu menyeduh teh hangat.

Tenang saja, teh tidak melulu teh hitam, kamu bisa mencoba varian teh lainnya. Kira-kira apa saja ya varian teh tersebut? Yuk, intip 5 macam teh beserta manfaatnya yang wajib kamu coba di bawah ini!

1. Teh Chamomille

Pernah dengar bunga chamomille? Ya, teh chamomille dibuat dari bunga chamomille yang memiliki aroma menenangkan. Kamu bisa menyeduh secangkir teh hangat ini untuk membantu mengurangi perasaan cemas dan dapat membantu memperbaiki kualitas tidur kamu.

2. Teh hijau

Teh hijau atau yang biasa dikenal sebagai greentea adalah salah satu varian teh yang unik. Berbeda dengan teh lainnya yang melewati beberapa proses panjang, teh hijau diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan warna dan citarasa yang khas. Kamu bisa menyeduh seangkir teh hijau untuk melancarkan pencernaan, membantu menyehatkan kulit, antioksidan, dan berbagai manfaat lainnya yang dikandung di dalamnya.

Baca Juga: Kaya Vitamin, 5 Manfaat Teh Kombucha Bagi Kesehatan Tubuh

3. Teh Papermint

Pernah coba jenis teh satu ini? Jika belum, kamu wajib mencobanya! Teh satu ini berbeda dengan teh hitam pada biasanya. Hal ini karena teh hitam mengandung senyawa kafein, sedangkan untuk teh papermint bebas dari kafein. Kamu bisa merasakan sensasi dingin menyegarkan di tenggorokan saat memimumnya. Selain itu, teh ini juga bermanfaat untuk menenangkan terutama di saat kamu merasa sakit kepala.

4. Teh Bunga Rosella

Teh satu ini dibuat dari bunga rosella yang menghasilkan warna merah gelap. Kamu bisa coba menyeduh secangkir teh rosella dengan menggunakan air mendidih di pagi hari. Perpaduan rasa asam yang menyegarkan akan membantumu lebih rileks di pagi hari.

5. Teh Melati

Jangan sepelekan teh melati! Teh satu ini kedengarannya memang sudah sangat sering dikonsumsi ya. Akan tetapi tak ada salahnya jika kamu menyeduhnya di pagi hari. Aroma melati yang khas yang berpadu dengan kesegaran khas dari dau teh pilihan akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat.

Itulah lima macam teh yang bisa kamu seduh di pagi hari untuk menemani aktivitas pagimu. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaatnya setiap hari!

Claudia