Ilustrasi seseorang sakit kepala akibat terlalu sering meminum air dingin. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Air dingin dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan suhu inti tubuh. Banyak orang lebih suka minum minuman dingin karena dianggap lebih segar untuk melepaskan dahaga.

Tidak hanya saat cuaca panas, minuman dingin juga enak dinikmati saat musim dingin. Minuman dingin juga sangat cocok menjadi pendamping berbagai macam makanan seperti bakso, mie, dan lain-lain. Mengonsumsi minuman dingin terlalu sering dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari alosehat. com, ada banyak bahaya yang mengintai diakibatkan terlalu sering mengonsumsi minuman dingin. Apabila diabaikan bisa menimbulkan penyakit serius yang harus diwaspadai dalam jangka panjang.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Keracunan, 4 Dampak Mengonsumsi Susu Murini Secara Berlebihan

Dilasnir dari Suara.com, apa saja masalah kesehatan yang diakibatkan terlalu sering mengonsumsi minuman dingin? Simak dibawah ini.

1. Memperlambat Proses Pencernaan

Tanpa kita sadari, saat air dingin masuk ke dalam tubuh itu akan mengganggu proses pencernaan. Air dingin akan menyempitkan pembuluh darah sehingga proses pencernaan menjadi terhambat. Akibatnya tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan dengan sempurna. Bahkan nutrisi dari dalam makanan bisa hilang sebelum dicerna dengan baik.

2. Sakit Kepala

Meminum air dingin dapat memicu sakit kepala. Ini disebabkan suhu dingin yang masuk ke mulut akan menyentuh saraf yang berada di langit-langit mulut. Suhu dingin itu akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah kapiler yang berada di sekitarnya. Selanjutnya pembuluh akan memberikan respon kepada kepala bahwa ada yang tidak normal dengan suhu tubuh.

3. Tubuh Membakar Energi Lebih Banyak

Suhu tubuh orang normal adalah 37 derajat. Ketika kita meminum es suhu tubuh akan menurun secara drastis. Tentu saja tubuh akan berusaha untuk kembali ke suhu normal Dengan cara membakar energi dan lemak. Energi yang seharusnya digunakan untuk menyerap nutrisi pada makanan terpakai untuk mengembalikan suhu tubuh. Ini bisa menyebabkan penyerapan nutrisi pada makanan tidak maksimal.

Baca Juga: Menyebabkan Masalah Pencernaan, 5 Dampak Mengonsumsi Durian Secara Berlebihan

4. Jantung Berdetak Lebih Pelan

Air dingin bisa merangsang saraf vagus yang berguna untuk mengontrol aktivitas tak sadar dalam tubuh manusia. Saraf vagus bekerja untuK mengontrol paru-paru, sistem pencernaan dan detak jantung.

Suhu dingin dalam air es akan membuat detak jantung menjadi lebih pelan. Jika air es dikonsumsi terlalu sering, maka kinerja jantung yang berguna untuk memasok oksigen dan aliran darah menjadi terhambat. Hal ini tentu bisa berakibat pada permasalahan kesehatan yang lebih serius.

Nah itu dia dampak buruk dari terlalu sering mengonsumsi minuman dingin yang jarang diketahui.

Claudia