blank
Ilustrasi teh kombuca. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sebagian orang mungkin agak asing dengan teh ini. Teh kombucha adalah teh hasil fermentasi antara larutan teh, gula, dan ragi yang kemudian difermentasi dalam suatu wadah selama satu minggu atau lebih. Di lingkungan yang memiliki suhu lebih dingin, fermentasi teh kombucha akan berlangsung lebih cepat.

Lama proses fermentasi akan mempengaruhi kualitas fisik, kandungan, dan rasa teh tersebut. Selama proses fermentasi, teh akan menghasilkan bakteri, zat asam, dan sedikit alkohol. Sehingga tercipta rasa teh kombucha dengan kombinasi yang unik, yaitu terasa asam, tajam, dan memiliki aroma seperti cuka.

Dilansir dari Suara.com, ada berbagai macam manfaat mengkonsumsi teh kombucha secara rutin. Teh ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh yaitu vitamin B, antioksidan, probiotik, natrium, dan gula.

Dilansir halodoc.com, ada beberapa manfaat sehat teh kombucha yang bisa didapat, di antaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Bisa Jadi Solusi Diet, 3 Manfaat Meminum Teh Tawar di Pagi Hari

1. Pencernaan menjadi lebih sehat

Dengan mengkonsumsi teh kombucha secara rutin, salah satu manfaatnya adalah sistem pencernaan yang lebih sehat. Hal itu karena teh ini memiliki banyak kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

2. Dapat mencegah penyakit

Teh kombucha memiliki kandungan kaya akan antioksidan. Antioksidan berguna untuk membantu mencegah penyakit karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan membasmi bakteri jahat penyebab infeksi. Dengan rutin mengonsumsi teh kombucha disebut bisa membantu menurunkan risiko infeksi pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan organ hati

Salah satu manfaat lain dari teh kombucha adalah menjaga kesehatan organ hati agar lebih terjaga. Kandungan antioksidan dan probiotik dalam teh kombucha bisa membantu proses pembuangan zat beracun pada organ hati, sehingga proses ini akan lebih sering terjadi dan bisa menjaga organ hati agar terhindar dari risiko penyakit.

Baca Juga: Dapat Meredakan Sakit Gigi, Ini 5 Manfaat Kantung Teh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

4. Kadar gula dalam darah terkontrol

Teh kombucha diketahui baik dikonsumsi oleh orang yang mengidap diabetes tipe 2, karena jenis teh ini bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi lebih terkontrol dan bisa juga memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal

Mengonsumsi teh kombucha disebut bisa menjaga organ jantung dan ginjal karena kandungan dalam teh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Dan juga kandungan antioksidan dalam teh kombucha baik untuk kesehatan jantung dan ginjal jika dikonsumsi dengan rutin.

Perlu kamu ketahui, walaupun teh kombucha memiliki manfaat untuk tubuh tapi kualitas dan kebersihan teh harus tetap dijaga agar tidak menimbulkan dampak yang buruk, seperti keracunan atau infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.

Sebaiknya teh kombucha melewati proses pemanasan yang benar untuk menghilangkan bakteri jahat yang terkandung di dalamnya agar mengatasi dampak buruk dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Claudia