blank
Ilustrasi kantung teh celup. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kantung teh merupakan kantung atau kemasan kecil, berpori dan tersegel yang diisi dengan bahan tumbuhan kering, yang dicelupkan ke dalam air untuk membuat teh atau infusi.

Biasanya, kantung tersebut diisi dengan daun teh, namun istilah tersebut juga ditujukan kepada teh herbal yang terbuat dari herbal atau rempah-rempah.

Kantong teh bekas teh celup umumnya hanya langsung dibuang jika sudah diseduh. Tak banyak tahu bahwa kantong teh tersebut sebenarnya menyimpan banyak kegunaan yang menakjubkan.

Baca Juga:Dapat Mengatasi Asam Lambung, 4 Manfaat Campuran Teh dan Madu Yang Wajib Diketahui

Dilansir dari laman WebMD, berikut 5 di antara manfaat kantong teh yang jarang diketahui oleh banyak orang. Yuk cari tahu!

1. Meredakan sakit gigi

Jika kamu sakit gigi, maka kantong teh peppermint yang hangat dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk meredakannya. Saat ditempelkan pada gigi dan gusi, maka hal itu akan memberikan rasa nyaman.

Kandungan asam dalam teh dapat membantu pembekuan darah. Jadi menggigit kantong teh juga dapat membantu mengontrol pendarahan setelah kamu mencabut gigi.

2. Mengobati cedera ringan

Cedera ringan sering menimbulkan rasa sakit hingga pembengkakan. Nah, kantong teh bisa kamu gunakan untuk mengobatinya. Terkait hal tersebut, kamu sebaiknya menggunakan kantong teh hitam karena itu dapat membantu meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh goresan kecil atau memar.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Batu Gijal, 10 Manfaat Teh Hijau dan Lemon Bagi Kesehatan

Cara penggunaannya pun sangat mudah yakni kamu cukup membuka kantong teh, kukus, dan biarkan dingin. Setelah itu, tekankan ke bagian yang luka selama beberapa menit.

3. Meredakan nyeri akibat menyusui

Khusus bagi kamu ibu hamil tentu pernah merasakan nyeri usai menyusui sang buah hati. Nah, jika kamu bingung cara meredakannya, maka kamu bisa gunakan kantong teh.

Studi menunjukkan bahwa kantor teh bisa meningkatkan aliran darah. Maka kantong teh celup dapat digunakan sebagai kompres untuk meredakan nyeri puting. Tertarik mencobanya? Kamu bisa langsung membasahi kantong teh dengan air hangat lalu oles ke area nyeri selama 15 menit. Cara ini bisa kamu lakukan 4 kali sehari.

4. Membuka pori-pori

Kantong teh bermanfaat untuk membuka pori-pori, mencegah kulit berminyak, dan membantu menghilangkan komedo. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan khususnya pada kantong teh hijau.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Asam Lambung, 4 Manfaat Campuran Teh dan Madu Yang Wajib Diketahui

Terkait hal itu, kamu cukup sobek kantong teh dan campurkan dengan sedikit air sampai menjadi pasta. Oleskan dengan lembut di area wajah selama 2 hingga 3 menit lalu bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dan terakhir gunakan pelembab.

5. Menyuburkan tanaman

Tanaman membutuhkan nitrogen untuk membantunya tumbuh dengan sehat. Menariknya, teh kaya akan kandungan bahan tersebut. Studi pun menunjukkan bahwa daun teh bekas yang dicampur dengan tanah dapat membantu tunas dan akar tumbuh lebih cepat dan meningkatkan produksi bahan kimia pada tanaman.

Itulah 5 kegunaan menakjubkan dari kantong teh yang jarang diketahui. Semoga dapat menambah wawasanmu.

Claudia