blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni menaburkan bunga saat nyekar di makam Ki Ageng Tarub, Kamis 23 Februari 2023. Foto: Protkompim Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bupati dan Wakil Bupati, dan Forkompimda Grobpgan melakukan ziarahdan nyekar ke makam para pendahulu seperti Ki Ageng Tarub, Ki Ageng Sela, Ki Ageng Getas Pendowo, dan Pangeran Puger, Kamis (23/2/2022)..

Ziarah ke makam leliuhur dengan menaburkan bunga atau nyekar, yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati, dan Forkompimda Grobogan ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap menje;lang peringatan ulang tahun Grobogan.

Ziarah tersebut dilakukan setiap tahun, termasuk saat ini menjelang HUT ke-279 Grobogan pada 4 Maret mendatang.

Kegiatan ziarah ke makam para leluhur dibagi dalam dua rombongan. Yakni rombongngan Bupati Sri Sumarni bersama Kapolres AKBP Dedy Anung Kurniawan, Ketua DPRD Agus Siswanto ke Makam Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub.

Sedangkan rombongan Wakil Bupati Bambang Pujianto bersama Dandim 0717/Grobogan melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Getas Pendowo di Kuripan, Purwodadi dan makam bupati pertama, Pangeran Puger di Grobogan.

Kegiatan ziarah menurut Bupati, untuk mengingatkan akan perjuangan para pendahulu, sekaligus mengenang jasa-jasa para leluhur terkait berdirinya Kabupaten Grobogan.

“Ini juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa para leluhur yang telah berjuang mengukir sejarah terbentuknya Kabupaten Grobogan,” ujar Bupati.

Doa Bersama

Selain menabur bunga, rombongan juga berdoa bersama di makam para leluhur. Doanya, lanjut Bupati, di HUT ke 279 Kabupaten Grobogan semakin kondusif dan dijauhkan dari bencana.