blank
Ilustrasi teh madu. foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Banyak orang yang gemar mengonsumsi teh dan madu supaya membuat tubuh sehat apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Apalagi teh dan madu keduanya diketahui mempunyai kandungan zat antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh, tak jarang banyak yang mengonsumsi teh tradisional terutama teh hitam.

Dilasnir dari Suara.com, kemudian teh juga dipercaya dapat memberikan rasa rileks atau nyaman dalam tubuh sehingga tak heran kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Maka dari itu apabila teh dicampur dengan madu ini tentunya bisa memberikan manfaat yang dikenal bisa untuk mengatasi berbagai jenis macam penyakit.

Seperti dirangkum dari herworld, berikut ini adalah manfaat campuran teh dan madu bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Batu Gijal, 10 Manfaat Teh Hijau dan Lemon Bagi Kesehatan

1. Bisa meredakan batuk

Saat sedang musim hujan seperti saat ini penyakit yang biasanya rentan muncul adalah penyakit batuk alias saluran pernapasan. Apalagi saat sedang mengalami batuk ini tentunya sangat mengganggu dan solusi utama dalam meredakan sakit tenggorokan.

Kemudian madu juga dianggap efektif dalam mengatasi batuk karena di dalamnya mengandung dekstrometorfan. Adapun cara mengonsumsi madu ini cukup mudah bisa dengan menambahkan satu hingga dua sendok madu ke dalam teh hangat. Untuk hasil yang maksimal ini bisa dengan mengonsumsi teh madu sebelum tidur pada malam hari.

2. Mengatasi asam lambung

Bagi kamu yang mengalami asam lambung hal ini tentu bisa menimbulkan gejala seperti mual, begah, panas dan tidak nyaman. Kemudian dengan mengonsumsi madu ini bisa mengatasi penyakit asam lambung karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin, asam amino, enzim, dan juga mineral. Selain itu, untuk penderita asam lambung sebaiknya minum madu yang kental sebelum makan dan sebelum tidur.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mengonsumsi Teh Hijau dengan Benar

3. Mengobati laringitis

Bagi penderita laringitis atau peradangan pada laring yakni bagian saluran pernapasan atau kotak suara. Kemudian gejala laringitis ini seperti tenggorokan, demam dan bisa kehilangan suara. Untuk mengobati penyakit ini dapat diobati dengan teh madu yang kaya akan zat antioksidan yang mana bisa memperkuat imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, teh madu juga bisa melembapkan pita suara dan hal ini dapat mengurangi produksi lendir pada pernapasan serta menyembuhkan infeksi.

4. Meringankan nyeri menstruasi

Wanita kerap mengalami kram perut atau nyeri menstruasi dan hal ini bisa diatasi dengan madu. Apalagi teh hangat yang dicampur madu ini dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan juga meredakan keram pada perut.

Demikianlah beberapa manfaat campuran teh hangat dengan madu bagi kesehatan. Selamat mencoba di rumah selagi musim hujan.

Claudia