blank
ilustrasi secangkir teh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABAU.ID)- Teh merupakan minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh memiliki zat yang mampu membantu anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat tersebut adalah vitamin C yang sangat aktif untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh anda. Hal ini membantu anda untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit. Teh juga banyak di pakai sebagai obat untuk mengobati sakit kepala.

Ternyata rutin meminum teh ternyata memberi banyak khasiat, mulai dari kesehatan tulang, meningkatkan konsentrasi, bahkan meningkatkan suasana hati yang menyenangkan.

Baca Juga:Dapat Meredakan Sakit Gigi, Ini 5 Manfaat Kantung Teh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut ternyata harus mengonsumsi teh yang tawar, tidak mencampurkan menggunakan gula, susu, bahkan krimer. Mengonsumsi teh juga bisa kapan saja, namun waktu yang terbaik untuk minum teh tawar adalah di pagi hari.

Dilansir dari Suara.com, lalu apa saja sih manfaat minum teh tawar untuk kesehatan? simak berikut ini.

1. Melancarkan peredaran darah

Mengonsumsi teh tanpa gula atau sering disebut dengan teh tawar ternyata bisa melanarkan sirkulasi darah yang ada didalam tubuh kita. Teh mengandung plafonoid yang berfungsi untuk mencegah plak pada pembuluh darah.

Jadi, jika kamu ingin melancarkan peredaran darah kamu bisa rutin membiasakan kebiasaan meminum teh tawar atau jenis teh lain seperti oolong, teh hitam, dan teh hijau.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Asam Lambung, 4 Manfaat Campuran Teh dan Madu Yang Wajib Diketahui

2. Diet

Minum teh di pagi hari benarkah bisa menurunkan berat badan? tentu saja benar. Mengonsumsi teh di pagi hari tanpa tambahan perasa atau pemanis ternyata sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Sangat dianjurkan untuk minum teh hijau sebelum melakukan olahraga, agar pembakaran lemak didalam tubuh lebih maksimal. Namun selain mengonsumsi teh di pagi hari, tetap harus diimbangi dengan asupan makanan yang penuh nutrisi dan harus rajin olahraga.

3. Untuk hidrasi tubuh

Akitivitas sehari-hari yang begitu padat ternyata bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Selain mengonsumsi air putih untuk menghidrasi tubuh, ternyata meminum teh hitam bisa membantu proses hidrasi tubuhmu. Teh hitam sangat dikenal baik dalam menghidrasi tubuh.

Jadi sudah tahu manfaat dari minum teh dipagi hari? Selain itu teh juga mengandung kafein yang rendah, jadi bisa membantu Anda untuk mengurangi candu terhadap kopi.

Claudia