Gelaran Inovasi Harmoni Nusantara yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Foto: Dok/UKSW

Beberapa produk inovasi hasil riset antara mahasiswa dengan dosen yang dipamerkan antara lain, handsanitizer, produk pinang sebagai obat anti kanker, sabun dengan bahan dasar daun lailem sebagai anti biotik pada kulit dan lainnya.

Salah satu pengunjung, masyarakat umum yang hadir, Farganata Indra mengungkapkan, kegiatan gelar inovasi yang diadakan UKSW bukan hanya merupakan stand pajangan, namun banyak ilmu pengetahuan tentang produk yang dapat diperoleh pengunjung.

“Pameran yang sangat keren dan wajib dikunjungi. Kemasan acara ini sangat menarik, kelihatan terorganisir dengan baik. Ada pameran mesin-mesin canggih, kegiatan membatik, serta inovasi fakultas-fakultas di UKSW,” ungkapnya saat mengantar buah hatinya yang ikut mengisi acara gelar inovasi.

Sementara itu Mara Tilovasanti mengapresiasi acara gelar inovasi yang diadakan UKSW. Dia mengatakan, UKSW membuka diri untuk dikenal masyarakat umum, sehingga masyarakat umum lebih dekat mengenal UKSW sebagai Indonesia Mini.

“Stand setiap fakultas menarik sekali, mengenalkan produk inovasi dan khas fakultasnya. Harapan saya kedepannya acara ini terus digelar dan disosialisasikan kepada masyarakat lebih luas,” ujar ibu dari salah seorang murid SMPK Satya Wacana ini.

Ikut juga memeriahkan acara dari Polres Salatiga yang memperkenalkan alat khusus yang digunakan dalam Dalmas (Pengendalian Massa) dan Raimas (Pengurai Massa), serta pelayanan SKCK dan lainnya.

Acara gelar inovasi ini juga diramaikan dengan kegiatan membatik, fashion show, talk show interaktif bersama alumni UKSW, presentasi produk inovasi, live music dan kuis, penampilan dance, stand-up comedy serta guest star Abdurachman X-Factor Indonesia 2022.

Ning Suparningsih