blank
Gelaran Inovasi Harmoni Nusantara yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Foto: Dok/UKSW

Di sayap kanan halaman Gedung Administrasi Pusat (GAP), nampak menarik stand yang dipamerkan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dengan menyediakan fasilitas tes kesehatan gratis meliputi cek tekanan darah, kolesterol dan gula darah.

Koordinator Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan FKIK Ns. Venti Agustina, MAN., menjelaskan tiga produk yang disuguhkan fakultasnya yaitu screening kesehatan, inovasi software guna menghitung detak jantung IEXC Intensity Calculator, serta inovasi olahan pangan mie dan moringa flake dengan bahan dasar yang dicampur dengan daun kelor untuk mengatasi stunting.

Tak kalah mencuri perhatian, stand Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menggelar monopoli. Bukan monopoli biasa, tetapi monopoli “Gayeng Jateng” hasil inovasi mahasiswa lintas program studi di FKIP.

Koordinator Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan FKIP, Dr. Henny Dewi Koeswanti, M.Pd., menyatakan, media pembelajaran interaktif ini bisa digunakan siswa mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

“Monopoli Gayeng Jateng bisa digunakan untuk belajar mata pelajaran apa saja sekaligus belajar kebudayaan Jawa Tengah seperti wayang, peta Jawa Tengah, nama makanan khas dan sebagainya,” jelasnya.

Selain memamerkan media pembelajaran interaktif, FKIP juga menyuguhkan inovasi gizi seimbang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan menggunakan bahan-bahan dasar lokal seperti nasi jagung, kacang hijau, daun lumbu, ikan gabus dan lainnya, untuk membantu tumbuh kembang anak.