blank
Mahasiswa KKN Undip dirikan Pojok Baca di SDN Kaligangsa Kulon 02.

(SUARABARU.ID)- Menciptakan pojok baca di setiap kelas merupakan salah satu cara untuk melanjutkan program Gerakan Literasi Sekolah. Pojok baca yang merupakan sudut tempat siswa untuk membaca.

Di dalam pojok baca, tersedia buku-buku pendidikan dan ilmiah, serta karya tulis siswa yang dapat menambah keunikan dan seni. Pojok baca di jenjang Sekolah Dasar harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk membaca, Rabu (18/01/2023).

Salah satu kelas di SDN Kaligangsa Kulon 02, Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes menjadi sasaran Tim 1 KKN Undip dalam pelaksanaan program kerja monodisiplin yaitu pojok baca. Pojok baca tersebut berupa karya tulis puisi dari kelas 6 yang berjumlah 32 siswa.

Baca Juga: Pentingnya Bahasa Inggris, Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Metode dan Cara Pemaparannya

Membuat puisi dapat meningkatkan kreativitas siswa serta kemampuan berbahasa. “Kebetulan di kelas 6 ini belum ada pojok baca berupa puisi, dengan senang hati saya menyetujuinya apabila Anda membuat pojok baca berupa puisi dari murid-murid,” ujar Ibu Lia, wali kelas 6 SDN Kaligangsa Kulon 02 pada Rabu (11/01/23).

Maka dari itu, Tim 1 KKN Undip membuat pojok baca berupa puisi di kelas 6 SDN Kaligangsa Kulon 02 yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari oleh peserta KKN Undip.

Pada pertemuan pertama, Rabu 18 Januari 2023 pukul 09.00 hingga 10.00 diberikan sosialisasi mengenai materi pojok baca dan puisi, serta pembagian tema puisi sesuai dengan barisan bangku. Tema puisi tersebut dibagi menjadi empat yaitu alam, guru, teman, dan ibu.

Baca Juga: Tingkatkan Minat Belajar Anak, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan

Pertemuan kedua, Selasa 24 Januari 2023 pukul 08.00 hingga 11.00 pembuatan puisi oleh siswa kelas 6 dengan tema yang sudah ditentukan. Pertemuan terakhir, Senin 30 Januari 2023 pukul 09.00 hingga 11.00 yaitu penilaian dan pengumuman juara dalam penulisan puisi setiap tema. Kemudian, menempelkan puisi-puisi pada styrofoam sehingga menjadi pojok baca.

Fungsi pojok baca memberikan suasana baru di kelas, juga disaat ada waktu luang bisa dimanfaatkan untuk membaca. Selain itu, menjadikan siswa senang membaca dengan dibimbing guru. Hambatan dalam mengoptimalkan fungsi pojok baca yakni sulitnya memperkenalkan budaya literasi sejak dini.

Pihak sekolah SDN Kaligangsa Kulon 02 terutama wali kelas 6 mengapresiasi program kerja monodisiplin pojok baca dari Tim 1 KKN Undip sebagai penyaluran kreativitas siswa-siswi. Harapannya, program kerja tersebut diterapkan di setiap kelas yang dapat menarik siswa serta menjadikan media pembelajaran.

Penulis: Annisa Sinta Ikasari (Fakultas Ilmu Budaya – Sastra Indonesia)
Dosen Pembimbing : Retna Hanani, S.Sos., MPP.
Hafidh Khoerul Fata, S.Si., M.Si.
DR. Kardison Lumban Batu., SE., MSc
Lokasi KKN : Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah