blank
Mahasiswa KKN Undip lakukan pembelajaran yang meyenangkan

(SUARABARU.ID)- Dalam proses pembelajaran perlu adanya minat belajar, tidak adanya minat anak untuk belajar menyebabkan tidak terlaksananya proses pembelajaran yang baik. Minat belajar anak memiliki peran penting dalam tercapainya keberhasilan pembelajaran.

Oleh karena itu, peningkatan minat belajar penting untuk dilakukan, terlebih pada sektor pendidikan sekolah dasar. Sekolah dasar memiliki posisi yang strategis karena menjadi landasan bagi pendidikan selanjutnya. Melihat pentingnya hal tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 berupaya untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan minat belajar anak.

Pada hari Rabu (01/02/2023), mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 melakukan kegiatan peningkatan minat belajar anak khususnya pada mata pelajaran IPA melalui peragaan alat rangkaian listrik tepatnya di SDN Kaligangsa Kulon 01, Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas 6 SDN Kaligangsa Kulon 01. Kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian materi mengenai rangkaian listrik baik rangkaian seri maupun paralel, menonton video pembuatan alat rangkaian listrik sederhana, peragaan alat rangkaian listrik dan memberikan alat rangkaian listrik sebagai media belajar ke pihak guru.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemetaan Kondisi Topografi dan Kemiringan Lereng

Alat rangkaian listrik tersebut dibuat oleh salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/20223, Gracenda Chris Sandi. Dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan edukasi yang menyenangkan sehingga minat belajar anak meningkat.

Dalam kegiatan tersebut, peran aktif siswa sangat terlibat. Dapat dilihat dari antusiasme siswa ketika mencoba untuk praktek langsung pada alat rangkaian listrik. Siswa juga lebih paham terhadap materi yang diberikan dikarenakan adanya alat rangkaian listrik tersebut.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pihak guru SDN Kaligangsa Kulon 01 khususnya guru kelas 6. Pemberian alat rangkaian listrik sebagai media belajar juga mendapatkan sambutan baik dari pihak guu dikarenakan dengan adanya alat ini diharapkan siswa lebih dapat mempelajari materi dengan baik dan juga dapat lebih menarik minat siswa untuk belajar khususnya mata pelajaran IPA.

Penulis: Gracenda Chris Sandi (Fakultas Teknik – Teknik Elektro)
Dosen Pembimbing : Retna Hanani, S.Sos., MPP.
Hafidh Khoerul Fata, S.Si., M.Si.
DR. Kardison Lumban Batu., SE., MSc
Lokasi KKN : Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah