blank
WR I USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP didamping WR II USM Dr Titin Winarti SKom MM dan Ketua LPPM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT foto bersama. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program kerja dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Semarang (KKN PPM USM) luar biasa, karena mengangkat potensi-potensi unggulan dari 12 kelurahan di Kecamatan Tembalang.

Hasil dari program kerja mahasiswa KKN di 12 kelurahan nanti bisa untuk mewakili Kecamatan Tembalang dalam lomba tingkat di Kota Semarang.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor I USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP saat meninjau Bazar mahasiswa KKN USM di Kecamatan Tembalang pada 14 Februari 2023.

”Semoga program KKN ini dapat membantu pemerintah dalam mengatasi stunting di Kota Semarang yang turun drastis hingga mencapai angka 10,9 % dari yang sebelumnya pada akhir 2022 mencapai angka 17,4%. Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat membantu mengimplementasikan ilmunya untuk mengatasi stunting dengan memberdayakan masyarakat,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Rektor II Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Ketua LPPM USM, Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, dan

Dia mengatakan, sesuai dengan program pemerintah Kota Semarang, Tembalang menjadi andalan untuk pangan. Dia berharap, para mahasiswa KKN USM bisa membantu UMKM untuk lebih melek teknologi.

”Program kerja mahasiswa KKN sudah sesuai dengan program pemerintah Kota Semarang untuk mengendalikan inflasi dengan meningkatkan perekonomian di Kecamatan Tembalang seperti di bidang pangan dan wisata,” ungkapnya.

Dia menambhakan, proker unggulan yang dikerjakan mahasiswa KKN USM adalah pemberdayaan sumber daya manusia melalui digital seperti marketing online pada media-media seperti tiktok.

Selama meninjau stan di Bazar KKN, WR 1 USM dan rombongan membeli onde-onde ketawa, susu kedelai, soes kering, makaroni keju, potato ulat, telur asin, sate kere, peyek, bolu tape, es krim jahe, abon pepaya, kripik singkong kriwil, sari buah, kripik pisang, kripik tempe.

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan Publik Kecamatan Tembalang, Wiwara Mardikanti SE MM mewakili Camat mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN USM. Dia mengapresiasi kinerja mereka dalam melaksanakan proker yang bermanfaat bagi masyarakat.

”Kami berterima kasih kepada USM, karena dipercaya membina para mahasiswa yang menjalani KKN PPM di Tembalang. Semoga proker mereka bermanfaat bagi warga,” tandasnya.

Sebanyak 214 mahasiswa melakukan KKN di 12 kelurahan. Mereka dibantu dosen pembimbing lapangan (DPL) sebanyak 6 orang.

Fitri/mh