blank
Ilustrasi Kucing. Foto; Pixabay

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Sebagai pencinta anabul, tentu memelihara kucing merupakan hal yang menyenangkan. Di balik semua kerumitan dalam memelihara, seperti harus membeli dan menyiapkan makan untuknya, membersihkan kotoran ataupun kekacauan-kekacauan lain yang dibuat oleh kucing.

Dilansir dari Suara.com akan tetapi, masih ada banyak orang yang betah untuk memelihara hewan peliharaan satu ini.

Pasalnya, selain kucing bisa menjadi teman untuk bermain di rumah, ternyata memelihara kucing memiliki beberapa manfaat lain tidak terduga untuk kesehatan. Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ulasannya.

Baca Juga: Tujuh Alasan Mengapa Kucing Jadi Peliharaan Terbaik

1. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Penelitian yang diterbitkan di Circulation (2013) menunjukkan bahwa seseorang yang memelihara kucing di rumah memiliki tekanan darah yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memeliharanya. Tidak hanya itu, mereka yang memelihara kucing juga mempunyai detak jantung istirahat yang lebih rendah.

Manfaat lainnya, memelihara kucing dapat membantu meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik yang dapat membuat kita jauh lebih tenang. Dari beberapa manfaat di atas, dipercaya memelihara kucing dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko terkena alergi

Beberapa orangtua melarang anaknya memelihara kucing karena takut terserang alergi. Padahal, justru sebaliknya. Memelihara kucing dapat membantu mengurangi risiko terkena alergi.

Baca Juga: Lima Jenis Tanaman yang Disukai Kucing dan Baik untuk Kesesahatan

Berdasarkan penelitian terbitan PLos One pada tahun 2018, dibuktikan bahwa memelihara kucing di rumah yang anggota keluarganya memiliki bayi bisa mengurangi risiko terkena asma, atau mungkin juga rinitis alergi.

Hal ini disebabkan karena anak sudah terbiasa terpapar bulu kucing sejak dini, sehingga sistem imunitas tubuh akan berpikir bahwa bulu kucing bukanlah hal yang berbahaya. Akan tetapi, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Memberi dukungan secara emosional

Interaksi antara manusia dengan hewan peliharaan dapat membangun ikatan emosional yang tinggi, seperti hubungan sosial antar manusia. Ikatan emosional ini bisa membuat kita merasa lebih bahagia.

Baca Juga: Empat Alasan Kucing Suka Memiringkan Kepala

Meninjau dari jurnal Applied Developmental Science (2020), kucing dapat menjadi bagian keluarga yang tidak terpisahkan. Bahkan, kedekatan dengan hewan peliharaan bisa lebih intens dibanding dengan anggota keluarga pada umumnya.

Adanya dukungan emosional ini juga dapat mengurangi kecemasan serta menghilangkan kesepian ketika merasa depresi. Bahkan, mendengarkan suara dengkur kucing juga bisa membuat kita merasa lebih rileks karena suara tersebut membantu menenangkan sistem saraf.

Demikian 3 manfaat lain dari memelihara kucing yang mungkin belum diketahui. Meskipun begitu, ada beberapa hasil penelitian yang perlu ditelaah lebih lanjut guna mengetahui dampak pasti dari memelihara kucing.

Claudia