Ilustrasi hewan peliharaan kucing. Foto:

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing jadi salah satu pilihan hewan yang sering dijadikan peliharaan. Terkadang bersikap nakal dengan hobinya yang suka berbaring di atas keyboard ketika kita sedang mengetik pekerjaan, menyenggol apapun benda yang ada di meja rias, bahkan menggaruk bagian kaki sofa hingga terurai.

Namun sebenarnya itulah daya tarik mereka yang menjadikan mereka spesial. Kucing tidak hanya menggemaskan namun mereka juga mandiri, selalu ingin tahu, dan setia, mereka bisa menemani kita dalam waktu yang lama.

Dilansir dari Suara.com, berikut adalah 7 alasan mengapa kucing menjadi peliharaan terbaik yang bisa anda miliki.

1. Kucing Sangat Waspada

Jika kita perhatikan, saat tidur terkadang telinga mereka akan sesekali bergerak. Ternyata bahkan ketika tertidur mereka tetap sangat waspada. Hal ini membantu mereka untuk selalu sigap menerkam mangsanya saat itu juga.

2. Kucing Sangat Fotogenik

Di berbagai sosial media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook sering sekali kita menjumpai foto-foto kucing lucu. hewan kecil berbulu halus ini memiliki wajah yang ekspresif dan mata bulat yang besar sehingga menghasilkan jepretan kamera yang sangat cantik. Bahkan ada banyak video kucing dengan tingkah ajaib mereka yang mampu mengundang tawa para pecinta kucing yang melihatnya.

3. Kucing Sangat Mandiri

Sebagai hewan yang gemar kebersihan, kucing biasanya merawat diri dengan rutin menjilati bulu bulunya sehingga tetap dalam keadaan halus dan bersih. Hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga kita.

4. Kucing Membawa Pengaruh Positif

Dilansir dari Care.com memiliki kucing dapat mengajarkan keterampilan sosial pada anak-anak dan membantu mereka mengatasi situasi traumatis. Tidak hanya menggemaskan, dengkuran kucing juga bisa menjadi suara yang menenangkan dan baik untuk membantu orang yang susah tidur.

5. Kucing Tidak Harus Selalu Ditemani

Biasanya kita akan memiliki rasa bersalah ketika meninggalkan hewan peliharaan di rumah untuk pergi bekerja. Namun tidak perlu khawatir karena nyatanya kucing sangat suka tidur setiap kali dia merasa bosan. Kucing bisa tidur selama 15 jam dalam sehari.

6. Kucing Menjaga Rumah dari Hama

Meskipun memiliki bulu-bulu halus dan penampilan yang lucu, namun kucing tetaplah predator alami. Walau sudah dijinakkan mereka masih memiliki naluri untuk berburu dan menjaga rumah bebas dari tikus dan serangga.

7. Kucing Merupakan Hewan Suci Bangsa Mesir Kuno

Beberapa dewa-dewi Mesir kuno digambarkan dan dipahat dengan kepala berwujud kucing, seperti Mafdet, Bastet, dan Sekhmet. Dalam budaya Mesir kuno kucing melambangkan keadilan, kesuburan, dan kekuasaan. Orang Mesir sangat mencintai kucing bahkan sering menempatkan keselamatan kucing di atas dirinya sendiri. Ketika kucing mati, anggota keluarga akan mencukur alis mereka sebagai tanda berkabung dan akan tetao berduka hingga rambut alis tumbuh kembali.

Itulah 7 alasan mengapa kamu harus memilih kucing sebagai hewan peliharaan di rumah. Semoga bermanfaat.

Claudia