blank
Ilustrasi kucing dan tanaman peper mint. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Halaman rumah yang penuh dengan tanaman bisa menjadi tempat berbahaya bagi kucing karena hewan ini tidak terlalu peka pada apapun yang mereka gigit.

Dilansir dari Suara.com, beberapa tanaman bisa sangat beracun namun, beberapa tanaman lain bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kucing. Berikut adalah 5 tanaman terbaik untuk memperindah rumah sekaligus menjaga teman kucing tetap sehat.

1. Catnip

Seperti namanya, tanaman ini adalah favorit kucing. Tanaman ini mengandung stimulan yang meningkatkan mood sehingga dapat membuatnya bahagia dan menghilangkan stress pada kucing, serta bisa digunakan pada kulit kucing yang gatal-gatal. Sekitar 80% kucing bereaksi dengan gembira pada nepelactone yang ditemukan di daun dan batang tanaman ini.

Baca Juga: Empat Alasan Kucing Suka Memiringkan Kepala

Batangnya sangat mudah dikeringkan seperti tanaman mint lain. Catnip kering mampu mempertahankan zat psikoaktif untuk berbulan-bulan jika disimpan di tempat sejuk, gelap, dan kering. Catnip memproduksi bunga merah muda sepanjang musim panas yang dapat menarik hewan penyerbuk dan serangga lain, sehingga pekarangan anda bebas dari gangguan hama.

2. Valerian

Tanaman dengan aroma tajam ini sering digunakan untuk membantu seseorang menjadi rileks dan tertidur nyenyak. Namun tanaman ini memiliki efek yang sebaliknya pada kucing karena membuat kucing menjadi lebih aktif bergerak. Valerian mengandung senyawa actinidine yang diduga bekerja sebagai stimulan semi-psikotik untuk kucing. Mengonsumsi valerian juga akan membuat kucing memiliki bulu yang sehat.

Valerian mekar diawal musim panas dengan bunga berukuran kecil dan bergerombol berwarna merah muda dan putih. Selain itu bunganya juga menyebarkan aroma vanila yang manis sehingga tanaman ini akan terlihat cantik di tanam di sekitar rumah.

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari

3. Serai

Kucing sangat suka bermain diantara rerumputan, bahkan akan menghabiskan waktu berjam-jam memainkan batangnya yang tinggi dan mengunyahnya. Disebagian besar toko mungkin anda akan menemukan beberapa rumput ramah kucing seperti gandum dan barley namun yang menjadi favorit kucing adalah serai karena aromanya yang lembut.

4. Paper Mint

Daun tanaman ini sering digunakan manusia untuk campuran pada seduhan teh yang membuat rasanya lebih segar dengan aroma menenangkan. Nyatanya kucing juga sangat suka mengendus dan menggigit daunnya. Mengonsumsi tanaman ini dapat membantu pencernaan kucing.

5. Rosemary

Dilansir dari Glen M. Woodham pada Do my assignment dan Studydemic bahwa rosemary bertindak sebagai penolak kutu alami untuk kucing. Vitamin A, B, C, dan potasium semuanya dapat ditemukan di rosemary. Sehingga sangat tepat untuk memilih rosemary sebagai bumbu pada hidangan makan malam anda dan teman kucing.

Itulah tadi 5 tumbuhan yang disukai kucing, nah kalian pernah menjumpai yang mana nih?

Claudia