blank
ilustrasi anak kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memelihara anak kucing memanglah menyenangkan dan tingkahnya yang lucu membuat siapa saja meleleh melihatnya. Akan tetapi, malam pertama merupakan salah satu tantangan terbesar yang pernah dihadapi oleh anak kucing loh. Sama seperti manusia, hewan juga memerlukan proses adaptasi saat berada di lingkungan baru.

Dilansir dari Suara.com, Perlu diingat bahwa kucing merupakan hewan nokturnal, sehingga biasanya mereka bangun sepanjang malam. Benar, anak kucing suka tertidur dan bisa tidur 18 hingga 20 jam sehari, tetapi itu tidak selalu terjadi ketika anggota keluarga manusia mereka tertidur. Umumnya mereka aktif saat fajar dan senja.

Ketika anak kucing berada dalam lingkungan yang tak dikenal yang mengharuskan ia beradaptasi selama beberapa malam pertama. Anda akan berasumsi bahwa akan ada beberapa malam yang lebih panjang dari biasanya.

Baca Juga: Memiliki Tingkah yang Lucu, Tujuh Manfaat Memelihara Kucing

Oleh karena itu, tidur sangat penting untuk perkembangan anak kucing Anda. Penting untuk membiarkan mereka beristirahat dengan damai selama masa anak-anak untuk memastikan mereka tumbuh sehat serta bahagia.

Nah jika Anda baru saja mengadopsi anak kucing, simaklah beberapa tips dan trik yang dilansir dari Purina, untuk membuat anak kucing Anda tidur di malam pertamanya.

1. Ubah Waktu Makan

Mengubah waktu makan anak kucing Anda merupakan ide yang bisa dicoba. Sebab, anak kucing akan tidur untuk memungkinkan sistem pencernaannya bekerja. Perhatikan jumlah kalori makannnya jika Anda berencana untuk menambah makanan ekstra atau porsi lebih besar ke dalam makanannya.

Baca Juga: Mulai Dari Puluhan Juta Hingga Miliaran Rupiah, 12 Ras Kucing Termahal di Dunia

2. Bermain dan Berolahraga

Sama seperti manusia, saat kelelahan anak kucing lebih cenderung untuk tidur sepanjang malam. Oleh karena itu, jadwalkan sesi bermain dekat dengan tidur siang terakhirnya di hari itu, sehingga anak kucing Anda bisa mengeluarkan semua energi ekstra sebelum tidur.

3. Berikan Selimut atau Boneka yang Familiar

Memiliki sesuatu yang beraroma familiar bisa menjadi solusi yang paling efektif membuat anak kucing tidur di malam hari. Misalnya selimut favorit anak kucing Anda sebelum ia diadopsi, hal ini membuatnya dapat menjaga sebagian dari rumah lamanya tetap dekat saat ia beradaptasi dengan kehidupan barunya. Pastikan untuk memberikan waktu dan kesabaran, anak kucing Anda akan tertidur dengan sendirinya dengan tenang.

4. Di mana Anak Kucing Tidur?

Anak kucing tertarik dengan kehangatan dan kenyamanan ketika mereka ingin tidur. Artinya tempat terbaik bagi anak kucing untuk tidur adalah tempat yang aman, jauh dari angin, dan cukup hangat untuk membuatnya tetap nyaman sepanjang malam. Temukan area yang nyaman di sebelah tempat tidur Anda, mereka juga merasa lebih aman di tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga: Selain Merasa Aman, Lima Alasan Kucing Seringkali Berguling-guling di Tanah

5. Menyiapkan Tempat Tidur Kucing

Pilih tempat tidur anak kucing yang nyaman dengan sisi tinggi sehingga ia dapat menyimpan mainan favoritnya di dekat Anda. Jangan lupa tambahkan selimut lembut untuk tidur malam yang nyenyak dan pastikan bak pasir, air, dan mangkuk makanannya tidak terlalu jauh jika anak kucing Anda memutuhkannya di malam hari.

6. Lampu Tetap Menyala atau Mati?

Kucing bisa melihat cahaya redup, sehingga meskipun lampu dimatikan, mereka bisa bernavigasi dengan mudah. Meskipun demikian, mungkin perlu sedikit waktu sebelum dia terbiasa dengan lingkungan barunya, jadi ada baiknya untuk tidak menyalakan lampu untuk membuat segalanya lebih mudah di awal, terutama pada malam pertama anak kucing Anda di rumah barunya.

7. Bolehkah Tidur Bersama Anak Kucing?

Tidak ada yang lebih baik daripada meringkuk dengan anak kucing Anda yang hangat dan berbulu saat tidur nyenyak di malam hari. Namun, Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum berbagi tempat tidur dengan anak kucing baru. Perlu waktu untuk anak kucing terlatih dalam membuang kotorannya. Jadi, jika Anda ingin menjaga seprai tetap bersih, disarankan untuk membeli kasur baru untuk anak kucing Anda.

Baca Juga: Tiga Risiko Penyakit Akibat Bulu Kucing

Jika anak kucing Anda masih sangat kecil, kemungkinan ia mengalami kesulitan untuk keluar dari tempat tidur Anda tanpa melukai dirinya sendiri. Mereka bahkan lebih suka memiliki ruang sendiri untuk berbaring sesukanya.

Banyak orang yang membiarkan kucing tidur bersama mereka. Namun, perlu diingat penting untuk memberikan anak kucing Anda ruang sendiri untuk menghabiskan malam.

Claudia