blank
Ilustrasi hewan peliharaan kucing. Foto:

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing jadi salah satu pilihan hewan yang sering dijadikan peliharaan. Dengan sifat menggemaskan karena tingkah lakunya yang kerap kali mengundang kegemasan bagi setiap orang yang melihatnya.

Dilansir dari Suara.com, manfaat memelihara kucing di rumah sebenarnya tidak hanya sekadar menghilangkan rasa sepi. Kucing juga memiliki manfaat sebagai pengendalia hama seperti tikus hingga serangga.

Bagi penyuka kucing, memelihara hewan berbulu itu kerap dianggap sebagai teman bahkan anggota keluarga. Dikutip dari Oet Helpful, berikut tujuh manfaat memelihara kucing:

Baca Juga: Mulai Dari Puluhan Juta Hingga Miliaran Rupiah, 12 Ras Kucing Termahal di Dunia

1. Kucing Memberikan Persahabatan yang Penuh Kasih

Kucing bisa sangat penyayang. Begitu kembali ke rumah setelah seharian bekerja, bertemu dengan teman berbulu yang menunggu di rumah bisa menimbulkan rasa senang. Ikatan yang terbentuk antara kucing dan manusia bisa sangat kuat dan bertahan seumur hidup.

2. Menghibur

Anda dapat bermain dengan mereka dengan seutas tali, bola ping-pong, atau menyinari titik merah laser untuk dikejar. Alternatifnya, Anda dapat menghabiskan waktu hanya dengan menonton mereka berburu, bermain, berguling-guling, atau melakukan serangkaian kejenakaan lainnya. Mereka unik, menarik, dan lucu untuk menjadi hiburan.

3. Biaya Memelihara Rendah

Berbeda dengan hewan lainnya, manfaat memelihara kucing terlihat jelas dari biaya perawatan yang relatif rendah. Mereka termasuk hewan mandiri yang senang hidup tanpa perhatian manusia untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Selain Merasa Aman, Lima Alasan Kucing Seringkali Berguling-guling di Tanah

Sepanjang siang hari, kucing habiskan untuk tidur. Cukup berikan perawatan dasar, seperti mengganti tempat sampah, memberi makan, dan menjaga kesehatan mereka untuk kutu, serta kunjungan sesekali ke dokter hewan.

4. Tidak Membutuhkan Banyak Ruang

Tidak seperti memiliki anjing besar, atau hewan peliharaan tertentu lainnya, kucing bisa sangat senang tinggal di apartemen atau rumah berukuran cukup sederhana. Ini bisa menjadi keuntungan besar jika Anda menginginkan hewan peliharaan untuk ditemani dan tinggal di daerah perkotaan di mana harga sewa dan properti tinggi.

Kucing dalam ruangan umumnya beradaptasi dan menetap di tempat tinggalnya dengan sangat baik.

Baca Juga: Tiga Risiko Penyakit Akibat Bulu Kucing

5. Kucing Tidak Perlu Diajak Jalan-Jalan

Berbeda dengan anjing, kucing tidak harus diajak berjakan-jakan. Kucing umumnya hanya membutuhkan kotak pasir, sedikit makanan, dan air minum. Sesekali biarkan kucing keluar dan masuk rumah sendiri. Pemiliknya tidak perluterlalu repot mengajak berjalan-jalan.

6. Anak Kucing Itu Lucu

Benar-benar tidak ada yang menyamai kelucuan anak kucing. Mata mereka yang lebar dan lugu, perut berbulu lembut, dan mengeong yang memohon akan meluluhkan hati.

Sangat menyenangkan melihat mereka menjelajahi dunia dan sifat suka bermain mereka sangat menggemaskan. Mereka memang tidak akan menjadi anak kucing selamanya, jadi nikmati setiap menit momennya.

7. Pengendalian Hama

Secara historis, manfaat memelihara kucing dilakukan untuk bantu mengendalikan populasi hewan pengerat invasif dan hama lainnya. Banyak kucing domestik masih menikmati serunya berburu, membunuh hewan pengerat, serangga besar, dan hama kecil lainnya baik di dalam maupun di luar.

Claudia