blank
Ilustrasi kucing berguling-guling. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing jadi salah satu pilihan hewan yang sering dijadikan peliharaan. Dengan sifat menggemaskan karena tingkah lakunya yang kerap kali mengundang kegemasan bagi setiap orang yang melihatnya.

Dilansir dari Suara.com, Tak heran juga terkadang sang kucing menjadi moodbooster para pecintanya. Mereka seperti pembawa kebahagiaan yang membahagiakan bagi orang-orang yang menyayangi dan menyukainya.

Salah satu tingkah unik yang menggemaskan dari si hewan mamalia ini, ialah seringkali berguling-guling di tanah ataupun lantai. Hal tersebut terkadang membuat kita tertawa, tetapi juga bertanya-tanya, kenapa si kucing seringkali berguling-guling di kedua tempat tersebut. Apa alasan yang membuat sang kucing melakukan hal itu?

Baca Juga: Tiga Risiko Penyakit Akibat Bulu Kucing

Oleh karena itu, berikut 5 alasan mengapa kucing seringkali berguling-guling di lantai atau tanah.

1. Mencari perhatian

Kucing seringkali mencari perhatian kepada majikannya, mereka menggunakan tingkah menggemaskannya untuk membuat sang majikan tidak bisa menolak tingkah lucunya. Salah satunya berguling-guling di lantai atau di tanah apalagi jika ia berguling-guling di sekitar kamu. Jika iya, tandanya si kucing sedang mencari perhatian atau minta diperhatikan.

2. Merasa aman

Si kucing ketika berguling-guling di lantai atau di tanah adalah ketika sang kucing sudah merasa aman di tempat tersebut. Terlebih jika memperlihatkan tubuh sensitif mereka, seperti perut.

Baca Juga: Tujuh Tips Cek Kesehatan Kucing Sebelum ke Dokter

3. Menandai wilayah

Saat kucing berguling-guling di tanah ataupun lantai, sebenarnya sang kucing sedang menandai wilayahnya, cara mereka menandai wilayah mereka dari bau khasnya. Agar para kucing lain yang membuatnya terancam tidak ke wilayahnya.

4. Merasa terganggu

Kucing adalah hewan mandiri yang bisa mengatasi masalah pada tubuhnya. Namun, terkadang ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa dijangkaunya. Sehingga, membuat sang kucing berguling-guling untuk mengatasi masalah tersebut, seperti gatal yang diakibatkan oleh hewan lain yang berada di tubuhnya.

5. Mengajak bermain

Cara kucing mengajak para majikannya bermain beragam cara. Salah satu cara sang kucing mengajak majikannya bermain ialah dengan berguling-guling di tanah ataupun lantai. Oleh karena itu, ketika ia berguling-guling di tanah ataupun lantai saat berada di dekatmu, cobalah untuk mengajaknya bermain.

Nah itulah 5 alasan mengapa sang kucing seringkali berguling-guling di tanah maupun lantai.

Claudia