blank
Ilustrasi kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mengecek kesehatan kucing bisa dilakukan di rumah lho, sebelum memutuskan apakah perlu sampai dibawa ke dokter hewan atau tidak.

Dilansir dari Suara.com, ada beberapa urutan langkah yang dapat Anda coba untuk mengetahui seberat apa sakit yang diderita oleh kucing kesayangan. Berikut ini 7 langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi si meong:

1. Belai kulitnya

Belai perlahan kulit atau bulu kucing peliharaan kamu sambil dilihat reaksinya. Rasakan apakah ada benjolan, goresan, bengkak, luka, atau kutu dan lainnya.

Baca Juga: Segera Kedokter, Lima Gejala Kucing Melangami Sakit

Jika kucing tampak mengeong kesakitan, maka perhatikan apa penyebab ia kesakitan. Apakah bulunya tampak berminyak, rontok parah, atau ada bintik seperti pasir di kulit atau bulunya? Itu bisa jadi tanda gangguan pada kulit atau organ tubuh. Jika ada, maka itu tanda anabul harus dibawa ke dokter.

2. Periksa telinga

Amati apakah telinga kucing terdapat kotoran yang menumpuk, bau dan gatal sehingga membuat kucing kerap menggaruk dan menggeleng. Jika iya, maka bisa jadi ada tungau di dalam telinganya.

Dokter hewan akan memberikan obat yang dibutuhkan untuk itu. Jika dibiarkan, masalah tersebut bisa menjadi serius.

Baca Juga: Kucing Mengalami Cacingan? Simak Tips Menghilangkan Cacingan dan Penularan Pada Kucing

3. Periksa mata

Kondisi mata juga bisa jadi indikasi adanya masalah kesehatan pada kucing. Mata kucing yang sehat berwarna cerah, bening dan fokus. Sementara kucing yang tak sehat matanya akan berair, merah, tertutup selaput, serta tidak fokus.

4. Periksa mulut

Lihat mulut kucing dengan cara memegang bagian dagunya dan buka sedikit bibir kucing. Jika gusinya tampak putih, berliur terus, juga bau dan kucing menolak dipegang dagunya, maka ada yang tak beres di kesehatan kucing. Segera bawa ke dokter untuk mendapat pertolongan.

5. Periksa hidung

Kondisi hidung kucing yang sehat akan sedikit basah. Jika terlalu berair dan tertutup ingus, juga suhunya dingin, maka bisa jadi kucing sedang flu berat. Apalagi jika tertutup kotoran hidung, bersihkan dengan tisu ya.

Baca Juga: Sebabkan Keracunan, Lima Makanan Yang Tak Boleh Dikonsumsi Kucing

6. Periksa bawah ekor

Jika di bagian bawah ekor kucing ada seperti butiran nasi atau spageti, itu bisa jadi tanda parasit sedang menyebar.

7. Periksa kaki

Apabila kucing terlihat melangkah dengan tertatih-tatih, perlahan atau pincang, periksa adakah luka di bagian tersebut. Jika bisa diobati sendiri, lakukan dengan memberikan cairan pembersih dahulu seperti rivanol, atau bawa ke dokter hewan.

Demikian langkah-langkah pemeriksaan kesehatan kucing yang perlu dilakukan sendiri di rumah. Jika ada masalah lain, segera konsultasi pada dokter ya.

Claudia