blank
Ilustrasi kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing pada umumnya merupakan makhluk yang suka penasaran terhadap hal yang terjadi disekitar mereka.

Ketika kucing melihat objek diam ataupun bergerak, mereka dengan santai akan mengejar, memainkan hingga memakannya guna memenuhi hasrat tersebut. Begitu pula dengan makanan yang ditemukan atau diberikan kepada mereka.

Dilansir dari Suara.com nah, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat makanan yang aman bagi kita konsumsi, rupanya dapat berpotensi membuat hewan peliharaan menjadi keracunan.

Baca Juga: Tiga Perlakukan Unik Hewan Membesarkan Anak

1. Daging, susu, telur dan protein mentah lainnya

Bagi manusia, mengonsumsi makanan mentah sejenis ikan, daging, telur dan sebagainya sangat penting bagi perkembangan tubuh, pasalnya, terdapat senyawa enzim yang dapat memperbaiki jaringan, menghancurkan racun, dan membangun massa otot.

Hanya saja enzim ini dapat rusak bila sudah masuk ke tahap pengolahan dan pemanasan. Namun sebaliknya, terkhususnya kucing dari ras unggul, memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif terhadap makanan mentah.

Kucing akan mengalami serangkaian penyakit bila mengonsumsinya, Katakanlah muntah, diare dan bahkan berpotensi terkena penyakit pangkreas. Lebih-lebih makanan mentah riskan bahaya bila di dalamnya terdapat kandungan bakteri sejenis salmonella atau E.coli.

Baca Juga: Lima Rekomendasi Hewan yang Dapat Peliharaan Anak Kos

Makanan berprotein tersebut masih dapat dikonsumsi dan bahkan menambahkan asupan bagi kucing bila dimasak terlebih dahulu.

2. Coklat dan sajian kafein lainnya

Makanan berkafein seperti coklat batangan, kopi, teh, dan minuman bersoda akan membantumu untuk tetap segar dan melek sepanjang waktu.

Namun saat anjing dan kucing memakan atau meminumnya akan menyebabkan gejala keracunan seperti muntah, diare, hiperaktif, tremor, ritme jantung tak beraturan hingga kematian. Hal ini disebabkan oleh kandungan berupa theobromine.

Baca Juga:Lima Fakta Hewan Mamalia Berkembangbiak Dengan Cara Bertelur

Kamu perlu menghindari memberi makan hewan peliharaan berupa dark chocolate atau coklat hitam, pasalnya, kandungan senyawa theobromine sangat banyak ditemukan pada jenis makanan ini.

3. Buah anggur dan kismis

Kasus keracunan makanan pada hewan yang disebabkan oleh makanan ini biasa ditemukan pada anjing, dalam jumlah yang bervariasi.

ASPCA menyarankan: “Karena masih banyak yang tidak diketahui dengan potensi racun anggur dan kismis, Pusat Pengendalian Racun Hewan (ASPCA) menyarankan untuk tidak memberikan buah anggur atau kismis kepada hewan peliharaan dalam jumlah berapapun!”

Baca Juga: Tanda dan Penyebab Kucing Susah Buang Air Kecil

Meski belum diketahui secara pasti gejala seperti apa yang akan dialami. Kamu sebaiknya menghindari makanan ini dari jangkauan kucing dan anjing peliharaan.

4. Alpukat

Memberikan makanan berupa buah-buahan dengan porsi tertentu sebagai diet kucing, nyatanya dapat membuat mereka sehat, lho. Namun, perlu digarisbawahi bahwa buah-buahan yang disarankan hanyalah pisang, apel, blueberri, dan semangka tanpa biji.

Tidak seperti alpukat, baik daun, biji, kulit pohon, dan buahnya sendiri mengandung senyawa persin yang dapat menyebabkan muntah dan diare serta alpukat juga sangat kaya lemak sehingga dapat menyebabkan gastroenteritis atau pankreatitis pada kucing.

Baca Juga: 4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan, Simak yuk..

5. Bawang putih, merah, dan sejenis tanaman umbi lapis lainnya

Semua jenis tanaman umbi lapis, terutama bawang putih, mengandung zat (N-propil disulfida) yang merusak sel darah merah pada kucing, menyebabkan penyakit anemia yang disebut sebagai heinz body anemia.

Kamu perlu berhati-hati meletakan makanan seperti keripik, sup, dan daging karena dapat berpotensi dijilati atau dimakan oleh hewan peliharaan kesayanganmu. Sebaiknya kamu sembunyikan ke tempat yang sulit dijangkau.

Itulah tadi 5 makanan manusia yang tidak boleh disentuh sedikitpun oleh hewan peliharaan, termasuk kucing. Nah, kamu sebaiknya meletakkan makanan tersebut ke tempat yang aman sehabis menyisakannya agar tidak mudah dijangkau oleh anabul.

Claudia