blank
Tanaman kumis kucing. Foto: Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu pernah mendengar tanaman kumis kucing? Konon tanaman ini mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Tanaman kumis kucing memiliki bunga berwarna putih dan memiliki sungut yang panjang menyerupai kumis kucing. Tanaman ini hanya tumbuh di area Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Dilansir dari Suara.com, tanaman kumis kucing atau disebut orthosiphon stamineus dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya mencegah tekanan darah tinggi.

Tanaman kumis kucing sendiri sering dijadikan sebagai salah satu obat alternatif, khususnya untuk bagian daunnya. Sedangkan manfaat atau khasiat utama dari tanaman kumis kucing adalah sebagai anti radang, antioksidan dan antibakteri.

Apa saja manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan? Simak yuk

1. Dapat mengatasi masalah ginjal
Ekstrak yang dihasilkan pada daun dan batang kumis kucing ini dapat mengatasi masalah batu ginjal. Hal ini dikarenakan sifat yang ada dalam tumbuhan ini, yakni anti-inflamasi dan anti-mikroba bermanfaat untuk mencegah adanya infeksi di ginjal dan saluran kemih.

Kumis kucing juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh saat diolah menjadi teh karena sifat diuretik dan detoksifikasi yang dimiliki.

2. Mencegah diabetes
Diketahui pada daun kumis kucing terdapat kandungan asam ursolat dan oleanolat. Kandungan ini dikenal mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga sangat baik digunakan untuk mengontrol gula darah.

3. Mengatasi masalah infeksi jamur
Selain memiliki sifat detoksifikasi yang alami, tanaman kumis kucing juga memiliki sifat anti jamur yang berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur. Khususnya jamur candida albicans.

Selain itu kumis kucing sangat ampuh untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti penyakit fengue.

4. Mencegah darah tinggi
Tanaman kumis kucing terbukti dapat mencegah tekanan darah tinggi pada tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang terdapat pada kumis kucing.

Untuk bagian tanaman yang dikenal sangat ampuh adalah bagian daun kumis kucing. Semoga bermanfaat..

Ning Suparningsih