blank
ilustrasi kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kita kerap menyaksikan tingkah laku lucu dan menggemaskan kucing yang mengundang tawa. Kucing biasa menunjukkan tingkah laku khasnya mungkin karena butuh perhatian, sekedar jahil atau ingin berupaya berkomunikasi dengan pemilik dan sesamanya.

Dilansir dari Suara.com, kita biasa memahami tindakan kucing seperti mengeong, mengibas-ngibaskan ekor, dan memelas sebagai tanda bahwa mereka tengah butuh perhatian atau makan.

Nah, apakah kamu pernah memperhatikan mengapa kucing suka memiringkan kepalanya? Pertanda apa ya? Dilansir dari all about cat, inilah 4 alasannya!

Baca Juga: Tiga Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Mengatasi Belek Mata Pada Anak Kucing

1. Suka penasaran

Kucing pada dasarnya adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Memiringkan kepala bisa jadi cara mereka dalam mengekspresikan minat terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Misalnya saja, kucing mungkin melakukan hal ini ketika ada sesuatu yang menarik perhatiannya di layar TV atau ketika pemiliknya tengah membawa makanan lezat.

Tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan mengapa kucing suka memiringkan kepalanya, tetapi tampak hal itu hanyalah ekspresi keingintahuan mereka.

2. Untuk mengetahui letak sumber suara

Kucing memiliki pendengaran paling mengesankan dari semua mamalia yang hidup di alam liar. Telinga mereka jauh lebih unggul dalam menangkap lebih banyak gelombang suara ketimbang telinga manusia. Pendengaran kucing sanggup mendeteksi mangsa dan menjaganya tetap aman dari predatornya.

Baca Juga: Selain Karena Ulah Manusia, Lima Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri

Telinga luar kucing menangkap dan memperkuat vibrasi suara sebelum mengirimkannya ke saluran telinga, saluran ini memiliki otot-otot yang memampukan mereka mengambil tindakan cepat. Selain itu, memiringkan kepala dapat membantu kucing mendengar lebih baik dan fokus pada suara yang mereka analisis.

Selain dapat mengetahui letak sumber suara dengan sangat baik, telinga kucing juga berdekatan satu sama sama lain yang memampukan mereka merasakan suara yang berasal dari samping atau dari depan. Hanya saja mereka kesulitan mendengarkan kalau-kalau sumbernya berasal dari atas atau bawah mereka. Nah, dengan memiringkan kepala, mereka bisa lebih memahami suara-suara yang datang dari sekitar mereka.

3. Butuh perhatian

Kucing akan merespon secara positif terhadap hal-hal yang diberikan padanya, katakanlah, kita menawarkan hadiah kepada hewan peliharaan karena berperilaku baik. Nah, menyaksikan kucing sampai memiringkan kepalanya, bisa jadi karena kita biasa memberi mereka semacam perhatian, camilan, mainan, dan elusan.

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari

Kucing menyadari bahwa memiringkan kepala, mereka berharap menerima lebih banyak perhatian positif sehingga mendorong mereka membiasakan perilaku tersebut secara terus menerus kepada pemiliknya!

4. Mengidap penyakit

Memiringkan kepala sesekali, dilakukan karena alasan di atas, tentu sangat lucu untuk disaksikan. Namun, jika memiringkan kepala secara terus-menerus diikuti dengan tingkah atau gejala aneh lainnya, kita pasti mulai khawatir tentang gangguan medis yang mendasarinya.

Diketahui bahwa kebiasaan tak lazim kucing dalam memiringkan kepala adalah gejala umum penyakit vestibular. Sistem vestibular ditemukan di telinga bagian dalam yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan gerakan tubuh.

Umumnya, kucing yang mengalami penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari infeksi bakteri dan jamur hingga penyakit kanker yang menyerang telinga bagian tengah/dalam atau tumor otak. Wah, kamu perlu memeriksakan kucingmu ke dokter nih, bila hal ini terjadi.

Itulah tadi 4 alasan mengapa kucing suka memiringkan kepala. Semoga menambah wawasan!

Claudia