blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Brokoli adalah jenis sayuran yang termasuk dalam Brassica oleracea, sejenis kol. Dikutip dari laman laman Penn State Estension, brokoli berasal dari wilayah mediterania dan dibudidayakan di italia pada zaman romawi kuno.

Dilansir dari Suara.com, brokoli merupakan jenis sayur-mayur yang memiliki rasa yang langu. Berbentuk unik persis menyerupai pohon mini dan memiliki warna hijau atau putih.

Mengonsumsi sayur-mayur tentu saja mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak, termasuk di dalamnya mengonsumsi brokoli.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Jantung, Enam Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Namun meski mengandung banyak manfaat, tak semua anak menyukainya. Untuk itu perlu sekali edukasi kepada anak dan orangtua tentang manfaat dari mengonsumsi brokoli tersebut.

Seperti dirangkum dari Healthline, sayuran brokoli memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. vitamin ini sangat penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, serta terdapat juga vitamin K yang mengandung magnesium, fosfor, seng, dan kalsium yang ditemukan di dalam brokoli untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi bagi anak-anak.Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat mengonsumsi sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh anak, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain sayuran wortel yang membantu kejernihan mata, brokoli juga memiliki kandungan vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata anak. Kesehatan mata anak ini tentu sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari anak. Karena mata adalah anggota tubuh yang vital yang sangat perlu dijaga kesehatannya.

Baca Juga: Lima Manfaat Tidur Tanpa Bantal yang Wajib Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh atau Imun

Anak pada usia 6-10 tahun sangat rentan terkena virus dan penyakit dari luar, disebabkan aktivitas anak di usia tersebut sangat terbilang aktif. Sebagai orangtua tentu tidak mungkin melarang anak melakukan aktivitas di luar demi menjaga kesehatan anak dengan mengurungnya di dalam rumah. Maka dari itu, mengonsumsi brokoli yang mengandung vitamin C, dimana berguna untuk menjadi jalan keluar dalam meningkatkan sistem imun juga antioksidan yang tinggi sangat diperlukan.

3. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Makanan pertama yang bisa disajikan kepada si kecil adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi. Kolin memiliki peran yang baik untuk menunjang pembentukan sel otak baru serta meningkatkan daya ingat otak pada anak. Selain itu, brokoli memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Mengonsumsi brokoli juga mampu menguatkan tulang dan gigi anak. Karena mengandung kalsium yang berfungsi untuk memperkuat struktur tulang dan gigi yang sangat dibutuhkan saat usia dini.

Baca Juga: Empat Manfaat Runtin Berjalan Tanpa Alas di Pagi Hari

5. Melancarkan Pencernaan Anak

Jenis sayuran ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Serta dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat brokoli ini cukup tinggi, yakni sekitar 2,6 gram pada 100 gram kandungan brokoli.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mempunyai kekebalan tubuh yang kuat membuat anak terhindar dari penyakit. Brokoli juga mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas, menangkal kuman yang menyebabkan infeksi, dan memperkuat jaringan tubuh pada anak. Untuk itulah anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan harus sesekali diberikan makanan sayur agar ia terjaga kesehatanya.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi sayuran brokoli untuk kesehatan anak yang perlu diketahui.

Claudia