blank
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, SH., SIK., MH tengah memberikan keterangan kepada wartawan dalam  konferensi pers yang digelar usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022 yang berlangsung di Mapolres setempat, Kamis (22/12). Foto: Bagus Adji 

KLATEN (SUARABARU) – Sebanyak 1.337 personel gabungan di Klaten  diterjunkan dalam rangka operasi Lilin Candi 2022. Para personil berasal dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Pam Swakarsa bertugas mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah setempat.

“Ada 1337 personel yang diterjunkan. Kita dibantu  seluruh elemen baik itu pam swakarsa, pemerintah daerah maupun dari TNI. Untuk personel Polres sendiri ada sekitar 700,” kata  Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, SH., SIK., MH. dalam konferensi pers usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022 yang berlangsung di Mapolres setempat, Kamis (22/12/2022).

Personel, lanjut Kapolres Klaten akan dibagi untuk kegiatan patroli, pengamanan tempat wisata, pengamanan gereja dan mengisi empat pos operasi. Pos yang didirikan Polres Klaten terdiri dari Pos Terpadu yang ditempatkan di Prambanan. Pos Pelayanan di Alun-alun Kabupaten Klaten dan Pos Pengamanan ditempatkan di Delanggu dan Jatinom.

Tantangan dalam Ops Lilin Candi 2022 yakni berkaitan libur nasional bersamaan dengan libur sekolah yang menyebabkan jumlah pemudik diperkirakan akan meningkat. Untuk itu pihaknya juga memberikan perhatian ekstra kepada tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Klaten.

Tujuan mudik selain merayakan  Natal dan Tahun baru  juga ingin berlibur. Tujuan berwisata selain di Jawa Tengah juga ada di Yogyakarta.

Terkait perayaan Natal 2022 akan diterjunkan personil untuk mengamankan 183 gereja di wilayah setempat. Dari jumlah disebut terakhir terdapat 18 gereja prioritas  yang jemaatnya mencapai diatas 1000 orang.

Patroli gabungan skala besar juga akan dilakukan bersama dengan BKO Brimob dan juga TNI untuk menjamin situasi Kab. Klaten tetap aman kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru. “Semua sudah kita siapkan. Jibom sudah kita siapkan, tim sterilisasi. Jadi nanti sebelum melaksanakan ibadah semua akan kita sterilisasi,” kata AKBP Eko Prasetyo, SH., SIK., MH.

Sembari menambahkan Apel Gelar Pasukan  dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2022 yang akan berlangsung tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Batasi Operasional

Masih dalam kesempatan sama Wakil Bupati Klaten H. Yoga Hardaya, SH. MH.didampingi Dandim 0723 Letkol Czi. Bambang Setyo Triwibowo, SE. M.Han dan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, SH., SIK., MH. mengungkapkan, terkait perayaan Natal dan Tahun Baru Dinas Perhubungan sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk membatasi operasional truk pengangkut galian C.