blank
Ilustrasi berjalan kaki. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Berjalan kaki merupakan olahraga yang mudah dan murah karena tidak memerlukan peralatan apapun. Nah, ternyata berjalan tanpa alas kaki yang dilakukan secara rutin setiap hari memiliki dampak positif yang menakjubkan.

Dilansir dari Suara.com, beberapa penelitian mengemukakan bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat. Melakukan rutinitas berjalan tanpa alas kaki selama 10-30 menit per hari dirasa sangat ideal untuk dapat merasakan beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut 4 manfaat rutinitas berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Berjalan tanpa alas kaki diyakini mampu membantu mengurangi terjadinya pengentalan atau pembekuan darah pada sel darah merah. Hal itu dikuatkan oleh penelitian yang diterbitkan Journal of Alternative and Complementary Medicine yang menyatakan bahwa terdapat hubungan signifikan antara berjalan tanpa alas kaki dengan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Selain Baik untuk Kehamilan, Ini Tujuh Manfaat Buah Parijoto

Peneliti memaparkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah yang menjadi faktor utama dalam penyakit jantung.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Berjalan tanpa alas kaki termasuk salah satu cara pijat refleksi alami. Pijat refleksi dapat membantu peredaran darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

Ketika berjalan tanpa menggunakan alas kaki, penggunaan otot tambahan yang ada di tungkai dan kaki akan mengirimkan sinyal ke otak yang membantu keseimbangan tubuh dan juga membantu meningkatkan peredaran darah.

Baca Juga: Dapat Turunkan Kadar Kolesterol, Tiga Manfaat Serat Bagi Tubuh

3. Mengurangi Stres

Bersentuhan langsung dengan tanah saat berjalan tanpa alas kaki akan membantu menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang berdampak pada penurunan stres, kecemasan, hingga depresi. Hal ini akan meningkatkan suasana hati dan membuat pikiran menjadi lebih positif dan tenang.

Dikuatkan dengan studi oleh Explore yang menjelaskan bahwa dengan berjalan tanpa alas kaki secara rutin akan membuat stres dan depresi dapat berkurang.

Tubuh akan merasakan berbagai macam tekstur tanah dan jalanan yang dipijak, sehingga tubuh akan terfokus pada keseimbangan dan mampu melepaskan hormon kortisol atau stres.

Baca Juga: Selain Berlimpah Nutrisi, Enam Manfaat Tempe Ini Perlu Anda Ketahui

4. Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan energi dan membuat tidur lebih nyenyak. Bumi memiliki banyak elektron yang mengisi ulang tanah, air, dan energi terhadap makhluk hidup, termasuk manusia.

Elektron bumi menyebar dalam tubuh dan memberikan banyak perubahan psikologis yang bermanfaat. Berjalan tanpa alas kaki akan membantu menormalkan ritme biologis antara siang dan malam yang membantu tidur lebih nyenyak dan rileks.

Meski demikian, perlu diperhatikan permukaan jalan atau tempat yang aman digunakan untuk berjalan tanpa alas kaki. Hindari berjalan di permukaan jalan yang kotor, basah atau lembap karena rentan berisiko masuknya kuman dan bakteri ke kaki. Jangan lupa pula untuk mencuci kaki setelah beraktivitas di luar rumah tanpa alas kaki.

Itu dia 4 manfaat yang akan kita peroleh jika rutin berjalan kaki tanpa alas kaki.

Claudia