blank
Ilustrasi daun bawang. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam setiap masakan. Manfaat daun bawang bagi kesehatan pun cukup banyak.

Dilansir dari Suara.com, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun 100 gram daun bawang memiliki 31 kalori. Daun bawang juga mengandung vitamin K1 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembekuan darah serta tinggi beta karoten.

Daun bawang biasanya menjadi bahan makanan seperti bubur ayam, martabak telur, soto dan masih banyak lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat daun bawang ini? Simak daftarnya berikut ini.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Daun bawang mengandung senyawa kaempferol yang mampu menurunkan peradangan dan dapat melindungi kesehatan jantung. Ada senyawa sulfur yang mampu mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan pembentukan gumpalan darah.

2. Dapat menurunkan berat badan

Daun bawang mengandung serat larut yang efektif mengurangi rasa lapar dan nafsu makan secara alami. Selain itu, jika Anda secara rutin mengonsumsi daun bawang dan jenis sayur lainnya secara rutin bisa menjadi cara diet yang baik bagi tubuh.

3. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat daun bawang yang ketiga adalah untuk saluran pencernaan. Daun bawang mengandung serat larut seperti probiotik yang membantu melancarkan saluran pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus. Selain itu senyawa ini mengurangi terjadinya peradangan dan meningkatkan kekuatan pada usus.

4. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi disebabkan oleh penyakit kronis diabetes. Daun bawang mengandung senyawa allium dan sulfut yang efektif menangani kadar gula darah. Sehingga daun bawang ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Melindungi diri dari kanker

Daun bawang mengandung senyawa kaempferol yang mampu menurunkan risiko masalah kesehatan kronis seperti kanker.

Menurut studi, daun bawang memiliki kandungan selenium yang bermanfaat menurunkan pertumbuhan sel kanker pada tikus. Sementara itu pada manusia jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker lambung lebih rendah hingga 46 persen.

6. Menjaga kesehatan mata

Daun bawang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Vitamin A mampu memperlambat perkembangan penyakit rabun jauh pada remaja dan anak-anak. Selain itu ada vitamin C yang dapat mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan katarak.

Nah itulah beberapa manfaat daun bawang yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Claudia