blank
Ilustrasi buah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada saat ini cuaca sering sekali  tidak menentu, seseorang bisa saja terserang demam. Meskipun begitu, hal ini tidak terlalu membahayakan karena demam harus diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain dengan mengonsumsi obat, ada cara alami yang bisa dilakukan guna mengatasi demam yakni dengan makan.

Akan tetapi, bukan sembarangan dalam mengonsumsi makanan untuk menurunkan demam. Dilansir dari Suara.com, kita bisa mengonsumsi beberapa buah yang mempunyai efek menurunkan suhu dan juga peradangan dalam tubuh agar demam bisa turun.

Kemudian, buah-buahan ini juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh terjaga sehingga meminimalisir munculnya penyakit infeksi. Seperti dirangkum dari Klikdokter, yuk simak jenis buah-buahan yang bisa menurunkan demam pada tubuh.

Baca Juga: Empat Bahaya Berlebihan Mengonsumsi Cokelat Bagi Kesehatan

1. Jeruk

Buah jeruk yang mempunyai cita rasa asam ini sudah sejak lama mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Kemudian buah sitrus ini juga mengandung zat antioksidan flavonoid yang mana bisa melawan dampak negatif dari radikal bebas, termasuk menurunkan peradangan tubuh.

Selain itu, dengan mengonsumsi jeruk pada saat demam lambat laun bisa berkurang gejalanya, namun perlu diingat untuk jangan mengonsumsi buah jeruk ini dalam keadaan kosong karena bisa meningkatkan asam lambung.

2. Pisang

Jenis buah lainnya yang bisa menurunkan panas saat demam adalah buah pisang dan buah ini juga mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi. Sehingga buah ini bisa membantu dalam memberikan energi pada tubuh guna melawan infeksi atau peradangan.

Baca Juga: Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Lima Manfaat daun Kelor Bagi Kesehatan

Selain itu, dalam buah pisang juga terdapat kandungan kalium yang bisa membuat jantung dan ginjal sehat. Tidak hanya itu, buah pisang juga mempunyai kandungan triptofan, yang mana baik dalam memperbaiki suasana hati.

3. Semangka

Saat demam pasti seseorang ingin mengonsumsi buah segar dan semangka ini dapat menjadi pilihan yang baik. Apalagi buah semangka ini mempunyai kadar air yang tinggi sehingga mampu menurunkan demam.

Pasalnya, air dapat membantu dalam menurunkan suhu tubuh dan cairan dalam semangka ini juga bisa mencegah dehidrasi agar metabolisme tubuh lebih optimal.

4. Kelapa

Sudah sejak lama kelapa diketahui mengandung air yang banyak dan tentunya bisa menghidrasi tubuh. Terlebih lagi dalam buah kelapa ini juga mengandung zat antioksidan yang bisa mengurangi efek peradangan dalam tubuh dan menunjang sistem imunitas dalam melawan infeksi.

Baca Juga: Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh, Empat Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, buah kelapa juga mengandung gula alami yang bisa memberikan energi bagi tubuh. Maka dari itu, apabila kalian ingin segera pulih dari badan lemas disertai demam bisa mengonsumsi buah kelapa ini.

Demikianlah beberapa jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam. Semoga bermanfaat.

Claudia