blank
Ilustrasi bunga matahari. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bunga matahari atau yang mempunyai nama latin Helianthus Annuus. Bunga matahari diketahui menjadi bunga yang mempunyai manfaat baik kesehatan tubuh luar dan dalam. Dalam bunga ini terdapat kandungan protein dan asam lemak tak jenuh yang mana memang baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan dalam setiap bagian dari bunga ini yakni mulai dari kelopak, daun, batang, dan biji bunga matahari sangat bermanfaat. Akan tetapi, kandungan nutrisi paling banyak ada dalam bagian biji bunga matahari. Dilansir dari Suara.com, perlu diketahui bahwa kandungan nutrisi akan semakin meningkat apabila biji bunga matahari mulai berkecambah.

Memang tidak dapat dipungkiri, sudah sejak dulu biji bunga matahari ini dijadikan sebagai jenis makanan penambah tenaga. Salah satunya biji bunga matahari ini juga bisa dibuat menjadi camilan kuaci untuk dikonsumsi. Seperti dirangkum dari sehatq, berikut ini adalah beberapa manfaat bunga matahari untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Diabetes Bisa Pengaruhi Kualitas Hidup dan Biaya Kesehatan

1. Bisa mengatasi peradangan atau inflamasi

Terjadinya proses peradangan atau inflamasi sejatinya adalah sebuah respon alami pada tubuh, namun kita juga harus berhati-hati karena ini bisa menjadi tanda penyakit kronis.

Apabila kalian mengonsumsi biji matahari ini secara rutin maka hal ini bisa membantu dalam mengurangi masalah peradangan pada tubuh. Seperti misalnya adalah membantu dalam menurunkan kadar protein C yang ada kaitannya dengan penyakit jantung atau diabetes tipe 2.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Dalam biji bunga matahari atau kuaci ini terdapat sebuah senyawa yang bermanfaat dalam memblokir enzim agar pembuluh darah menyempit.

Baca Juga: Tujuh Tips Cek Kesehatan Kucing Sebelum ke Dokter

Kemudian, adapula kandungan magnesium dan asam linoleat yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol dan juga pembuluh darah.

3. Menurunkan kadar gula darah

Dalam biji bunga matahari ini juga terdapat kandungan senyawa chlorogenic acid di dalamnya yang baik untuk penderita diabetes tipe 2. Bahkan dalam studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 30 gram biji bunga matahari ini dapat membantu dalam mengurangi gula darah.

4. Baik untuk daya tahan tubuh

Adanya kandungan vitamin E pada minyak biji bunga matahari ini bermanfaat dalam menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Terlebih lagi vitamin E ini juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang berperan penting supaya sistem imun dapat bekerja secara maksimal.

Demikianlah empat manfaat bunga matahari untuk kesehatan tubuh. Tak hanya indah ternyata juga baik banyak kandungan positifnya. Bagaimana menurutmu?

Claudia