blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Apakah Anda tahu, bahwa ada banyak dampak bahaya mengonsumsi cokelat bagi kesehatan bila kadarnya berlebihan? Dilansir dari Suara.com, walaupun cokelat bermanfaat untuk kesehatan, menjadi membahayakan bila konsumsinya secara berlebihan.

Bagaimanapun juga segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak kurang baik, termasuk cokelat. Merangkum laman Sehatq.com, inilah 4 bahaya yang penting diperhatikan dan sebaiknya dihindari:

1. Merusak Gigi

Ketika makan cokelat dengan jumlah berlebihan, berpotensi merusak gigi, terutama bagi anak-anak. Penyebabnya adalah karena kandungan gulanya tinggi. Apalagi bila setelah mengonsumsinya tidak menggosok gigi.

Baca Juga: Selain Kopi, Delapan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Sisa cokelat yang menempel pada gigi bisa mengendap di bagian sela-selanya. Semakin lama bila kebiasaan buruk ini tetap dilakukan akan menimbulkan terjadinya gigi berlubang.

2. Risiko Migrain Meningkat

Bahaya mengonsumsi cokelat berlebihan selanjutnya berisiko meningkatkan migrain atau sakit kepala. Mengenai hal ini disebutkan oleh situs kesehatan Britania Raya, NHS bahwa cokelat mengandung histamin, tiramin serta fenilalanin.

Kandungan zat tersebut dipercaya memicu timbulnya migrain bila dikonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak. Jadi, walaupun kamu pencinta cokelat, batasi konsumsinya bila tidak ingin mengalami sakit kepala.

Baca Juga: Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Lima Manfaat daun Kelor Bagi Kesehatan

3. Merusak Organ Tubuh serta Memicu Kanker

Cokelat mengandung zat bernama kadmium. Zat ini dipercaya mampu memicu kerusakan pada organ tubuh serta kanker. Kadmium merupakan jenis logam beracun yang ada di alam.

Sedangkan asalnya dari sumber pertanian maupun industri. Zat kadmium bisa diserap oleh tanaman kakao lewat akar. Nantinya zat ini tersimpan bukan hanya di bagian daun saja tapi juga biji cokelat.

Tidak banyak yang tahu bahwa kadmium mempunyai sifat toksik. Bila masuk dalam tubuh, berpeluang merusak organ tulang, ginjal dan paru-paru. Bahkan bisa mengganggu perkembangan janin.

Baca Juga: Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh, Empat Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya mengonsumsi cokelat berlebihan akibat kontaminasi zat kadmium menurut WHO juga meningkatkan risiko terjadinya kanker. Walaupun ada pernyataan demikian, belum diketahui pasti seberapa besar kandungan kadmium yang bisa memicu risiko kanker.

4. Kesehatan Tulang Terganggu

Bahaya terakhir, berlebihan makan cokelat bisa mengganggu kesehatan tulang. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan manis ini hampir setiap hari karena bisa menurunkan tingkat kepadatan tulang yang berisiko terhadap penyakit patah tulang dan osteoporosis.

Hal ini didukung oleh kutipan dari jurnal Nutrition yang menyebutkan bahwa penyebab dari terganggunya kepadatan tulang yaitu karena kandungan gula, cocoa butter serta methylxanthine pada cokelat.

Jangan mengabaikan bahaya mengonsumsi cokelat berlebihan di atas bila tidak ingin mengalami gangguan kesehatan. Cokelat akan memberikan manfaat bagi tubuh asalkan konsumsinya sesuai kadar yang seharusnya.

Claudia