blank
Ilustrasi teh hijau. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kopi sering menjadi pilihan minuman pembuka saat pagi hari bagi sebagian orang. Alasannya untuk menyegarkan pikiran serta meningkatkan konsentrasi.

Dilansir dari Suara.com tapi bagi Anda yang tidak bisa menenggak kafein, masih ada pilihan minuman lain yang punya khasiat serupa dengan kopi, terutama untuk urusan konsentrasi.

Dikutip dari WebMD, berikut beberapa minuman selain kopi yang juga bisa menyegarkan pikiran.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

1. Teh Hijau

Teh sebenarnya juga mengandung kafein, hanya saja kadarnya lebih rendah. Meski begitu efeknya serupa bisa buat tubuh merasa lebih waspada. Bukti ilmiah juga ditemukan bahwa teh hijau bisa meningkatkan memori dan perhatian.

Para ahli tidak dapat menunjukkan satu komponen yang membuat daun ini sangat menyehatkan otak. Tetapi, itu mungkin karena campuran bahan kimia tanaman yang sehat di dalamnya.

2. Jus berry

Campurkan blueberry, raspberry, blackberry, dan stroberi ke dalam juicer. Aneka buah beri itu dikenal menjadi makanan sehat bagi otak. Kelompok berry tersebut tinggi antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu juga jadi sumber bahan kimia tanaman yang baik seperti anthocyanin yang mendukung memori yang sehat.

Baca Juga: Hidroponik memiliki beragam manfaat, apa sajakah itu?

3. Smoothie sayuran hijau

Peneliti medis telah menemukan bahwa hanya satu porsi sayuran hijau sehari dapat bantu memperlambat penurunan mental seiring bertambahnya usia. Bayam, kangkung, dan sawi kaya akan nutrisi dan baik untuk otak karena kaya akan nutrisi folat dan lutein.

Tidak perlu memakannya dalam bentuk salad, tapi jadikan saja smoothie. Campurkan dua ons (57 gram) sayuran hijau dengan buah beri, pisang, dan es untuk camilan kaya nutrisi yang juga sarat dengan vitamin A dan C.

4. Teh kunyit

Kunyit telah menjadi bagian dari pengobatan Cina dan India selama berabad-abad. Berkat sifat anti-inflamasinya, kunyit bermanfaat untuk masalah kulit, persendian, dan pencernaan. Para peneliti juga telah membuktikan manfaatnya dalam berikan perlindungan untuk otak, seperti meningkatkan memori dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Empat Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Nyeri dan Peradangan

5. Jus bit

Bit adalah sayuran akar. Jus bit dipercaya tinggi antioksidan yang melindungi terhadap zat-zat yang merusak dalam tubuh, yang disebut radikal bebas. Bit juga memiliki nitrat yang mengendurkan pembuluh darah dan dapat bantu mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Teh Ginseng

Teh ginseng dapat bantu meningkatkan stamina, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan memori. Para peneliti sedang mempelajari apakah itu juga dapat melindungi terhadap depresi, Parkinson, dan penyakit Alzheimer. Ginseng Asia dapat menyebabkan efek samping, termasuk kesulitan tidur. Karena dapat menurunkan gula darah, tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Coklat panas

Kakao kaya akan flavanol, zat nabati yang bantu meningkatkan perhatian, kecepatan pemrosesan, dan memori. Secangkir coklat panas juga dapat melindungi dari penurunan mental, terutama pada orang yang berisiko lebih tinggi untuk demensia. Pilih cokelat hitam yang memiliki lebih banyak flavanol daripada susu. Penting selalu diingat agar jangan berlebihan mengonsumsinya. Karena cokelat mengandung lemak, kalori, dan gula yang tinggi.

8. Air lemon

Seluruh tubuh manusia membutuhkan air, termasuk otak. Saat Anda mengalami dehidrasi, fungsi mental akan terganggu. Air membentuk 75 persen volume otak dan bertindak sebagai peredam kejut alami. Tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air untuk rasa dan nutrisi. Lemon memiliki nutrisi tanaman yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

Claudia