blank
Ilustrasi daun binahong. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman dengan nama latin Anredera Cordifolia ini memiliki sejumlah khasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati beragam jenis penyakit kronis. Kandungan senyawa aktif yang ada pada daun binahong tersebut bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Beberapa tanaman yang tumbuh liar di hutan memiliki sejumlah manfaat bagi manusia, salah satunya yaitu daun binahong. Manfaat daun binahong atau Deng San Chi sangatlah baik untuk kesehatan. Sebenarnya tumbuhan yang satu ini sudah dijadikan sebagai obat tradisional secara turun temurun di China dan Taiwan.

Dilansir dari Suara.com manfaat binahong tidak hanya terletak di daunnya saja, namun akar, bunga dan umbinya dapat dijadikan sebagai bahan obat herbal. Tumbuhan merambat ini terutama bagian daunnya, bersifat antimikroba yang bermanfaat sebagai penyembuhan luka bakar, obat diabetes dan masalah kecantikan.

Baca Juga: Manfaat dari bercocok tanam dengan sistem hidroponik

Tak hanya itu, kandungan asam askorbat yang ada dalam daun binahong juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi serta mempercepat penyembuhan. Selain itu daun binahong juga memiliki kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, flavonoid, asam folat, protein, kalsium, riboflavin dan juga beta karoten. Manfaat Daun Binahong :

1. Sebagai Obat Luka Bakar

Adanya kandungan saponin di daun Binahong berperan aktif sebagai antiseptik yang dapat mencegah timbulnya infeksi bakteri akibat melambatnya penyembuhan luka. Sehingga daun binahong dapat dimanfaatkan untuk penyembuh luka, termasuk luka bakar. Selain itu, senyawa yang ada di dalamnya, dapat mempercepat pembentukan kolagen pada kulit.

2. Obat Gatal

Daun binahong juga memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang bersifat anti jamur. Sementara jamur sendiri dapat menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi pada kulit. Maka dari itu, daun ini bisa digunakan sebagai obat gatal pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil

3. Obat Asam Urat

Air rebusan daun binahong dapat dikonsumsi untuk para penderita asam urat. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Air rebusan daun binahong ini mampu menurunkan purin yang menjadi penyebab asam urat.

Kandungan flavonoid yang ada pada daun binahong akan memberikan khasiat untuk menghambat terjadinya pembentukan asam urat sehingga daun herbal ini cocok untuk dijadikan obat asam urat.

4. Obat Maag Alami

Manfaat lain dari daun binahong yaitu dapat digunakan menjadi obat maag alami. Daun binahong berkhasiat membersihkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat melindungi mukosa. Akan tetapi manfaat daun binahong sebagai obat maag alami perlu adanya penelitian yang lebih lanjut.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Pencernaan, Lima Manfaat Cincau Hijau

5. Mencegah Diabetes

Daun binahong bisa dijadikan sebagai obat alami untuk penderita diabetes. Daun ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh seorang penderita diabetes.

Kandungan senyawa steroid, flavonoid dan juga kumarin berkhasiat untuk menghambat terjadinya pemecahan dan penyerapan gula dalam usus dan meningkatkan produksi insulin.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lain daun dari China ini yaitu sebagai pencegah penyakit jantung. Ekstrak daun binahong diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat dan juga lemak yang ada di dalam darah.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Nasi Dingin

Gabungan efek antihipertensi serta penurunan kolesterol ini sangatlah baik untuk mencegah terjadinya gagal jantung, serangan jantung ataupun penyakit jantung lainnya.

7. Obat Hipertensi

Kandungan yang ada pada ekstrak daun binahong diyakini mempunyai efek yang dapat menurunkan denyut jantung dan juga memperbanyak produksi urin. Keduanya memiliki khasiat sepert obat hipertensi yang bisa menghambat beta dan diuretik. Maka dari itu, ekstrak daun binahong dapat digunakan sebagai obat hipertensi.

8. Obat Anemia

Daun binahong ternyata mengandung zat besi alami yang dapat memicu adanya produksi sel darah merah pada tubuh. Sehingga daun hebal ini bisa dijadikan obat anemia.

Baca Juga: Empat Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Nyeri dan Peradangan

9. Mencerahkan Kulit

Daun binahong dianggap lebih aman dibandingkan dengan Anda menggunakan krim-krim pemutih yang berbahaya untuk mencerahkan kulit. Anda bisa merebus beberapa lembar daun binahong dan meminum air dari rebusan tersebut.

10. Mengatasi Jerawat

Memiliki masalah kulit berjerawat bukan hanya membuat tingkat kepedean seseorang semakin turun. Akan tetapi juga bisa menyebabkan peradangan pada kulit terutama pada wajah. Maka, ketika Anda memiliki masalah jerawat pada wajah, segera obati agar tidak semakin parah.

Salah satu cara mengobatinya, Anda bisa lakukan dengan bahan alami seperti dengan menggunakan daun binahong. Tumbuklah daun hingga halus dan jadikan tumbukan tersebut seperti masker wajah. Gunakan masker 3-4 hari dalam seminggu selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Claudia