blank
Ilustrasi nasi putih. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Beras merupakan makanan pokok yang umum dikonsumsi oleh penduduk dunia, terutama di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Dilansir dari Suara.com, Meskipun beberapa orang lebih menyukai makan nasi dalam kondisi masih hangat usai dikeluarkan dari jar pemanas ketimbang nasi dingin yang dianggap memiliki cita rasa tidak enak.

Padahal kenyataannya, beberapa makanan populer dan enak ini, katakanlah sushi, membutuhkan nasi dingin.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Pencernaan, Lima Manfaat Cincau Hijau

Namun demikian, kamu mungkin bertanya-tanya apakah aman makan nasi dingin dan jawaban iya, dan bahkan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat yang didapat dari mengonsumsi nasi putih dingin? Berikut adalah penjelasannya!

1. Mengurangi gula darah

Meskipun, kebanyakan ahli mengatakan menyantap nasi putih dapat meningkatkan gula darah, namun saat nasi tersebut telah didinginkan dan kembali dipanaskan nyatanya aman dimakan dan bahkan dapat sedemikian mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Seperti dilansir healthline, sebuah studi yang dilakukan pada 15 orang dewasa sehat menemukan fakta bahwa menyantap nasi yang telah didinginkan selama 24 jam pada suhu 4°C dan kemudian dipanaskan ulang secara signifikan dapat mengurangi level gula darah seusai memakannya.

Baca Juga:Dapat Turunkan Gula Darah, Lima Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, kandungan glikemik pada nasi dingin juga tidak turut meningkat bahkan saat dipanas ulang ketimbang nasi yang biasa kita konsumsi dalam kondisi yang baru matang. Kandungan glikemik ini merupakan indikator seorang penderita diabetes boleh mengonsumsinya ataupun tidak.

Seperti dilansir dari hello sehat, semakin tinggi indeks glikemik suatu bahan makanan, semakin cepat makanan tersebut menyebabkan kenaikan gula darah.

2. Memberi perasaan kenyang dan tentunya lebih sehat

Nasi putih dingin juga mengandung pati resisten yang relatif sangat tinggi ketimbang nasi hangat yang baru matang, yang akan membuat durasi lapar jadi lebih lama.

Masih dilansir dari situs healthline, Pati resisten merupakan tipe fiber atau serat yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan tubuh.

Baca Juga: Lima Manfaat Rutin Mengonsumsi Infused Water

Namun, masih dapat difermentasi oleh bakteri pencernaan untuk sumber makanan mereka sekaligus bertindak sebagai probiotik alami bagi tubuh.

3. Bagus untuk sistem pencernaan, terutama usus

Nah, adanya bakteri yang dalat mengurai Pati resisten ini akan bertindak sebagai pendukung imun tubuh dan menyehatkan pencernaan.

Pati resisten takkan langsung dicerna di usus kecil melainkan di usus besar. Di sini, bakteri-bakteri tersebut akan bekerja sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: Lima Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Salah Satunya Melancarkan Pencernaan

4. Menurunkan kolesterol

Jangan ragu untuk mengonsumsi nasi putih dingin, karena nyatanya kandungan pati resistensinya dapat menurunkan resiko kolesterol bagi tubuh.

Bagi penderita diabetes memakan nasi putih tidak hanya dapat mengotrol gula darah melainkan juga mencegah komplikasi penyakit jantung yang biasa disebabkan oleh kolesterol yang tinggi.

Claudia