blank
Ilustrasi minuman infused water. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Infused water merupakan campuran air mineral dengan potongan buah-buahan, sayuran atau rempah yang didiamkan beberapa saat di suhu ruangan.

Dilansir dari Suara.com, minuman ini cukup populer di kalangan masyarakat urban karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan.

Infused water tidak memiliki kalori, justru kaya akan vitamin dan mineral yang didapatkan dari buah-buahan, sayuran dan rempah. Sehingga infused water dapat dijadikan sebagai tambahan yang sempurna untuk program diet.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Tulang, Empat Manfaat Mengonsumsi Ikan Tuna

Dirangkum dari Balance Nutrition, berikut beberapa manfaat yang akan didapat jika kita mengkonsumsi infused water.

1. Hidrasi

Hidrasi merupakan manfaat yang paling utama dari infused water. Terhidrasi sangat penting bagi fungsi tubuh dan otak kita. Dengan terhidrasi, nutrisi dan oksigen akan mudah diangkut ke seluruh sistem organ pada tubuh.

Selain itu, air yang terdapat pada infused water juga membantu mengatur suhu tubuh. Dengan meminum infused water, kita dapat mencapai tingkat hidrasi yang optimal.

Baca Juga: Bikin Doyoung NCT Gagal Move On, Intip Lima Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

2. Menurunkan berat badan

Kandungan air yang terdapat dalam buah ikut memenuhi kebutuhan air pada tubuh. Air secara alami dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Dengan kita meminum infused water, kita akan merasa cukup kenyang sepanjang hari karena tubuh membakar lebih banyak kalori. Otomatis, infused water dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Lima Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Salah Satunya Melancarkan Pencernaan

3. Melancarkan pencernaan

Berkat asupan serat yang baik dari buah-buahan atau sayuran, infused water secara efisien dapat mengurangi perut kembung, sembelit dan menjaga siklus buang air besar menjadi lebih teratur.

Buah-buahan dan sayuran yang ditambahkan pada infused water juga akan berperan sebagai pencahar alami sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

4. Mengatasi kelelahan

Infused water dapat menjadi solusi agar tubuh tetap bugar di segala kondisi. Asupan air yang masuk ke tubuh dapat membantu kita dalam mengurangi kelelahan otot setelah beraktivitas berat.

Baca Juga: Manfaat Pembelajaran Tari Kelompok untuk Perkembangan Emosional Siswa

Selain itu, infused water juga membantu memelihara kesehatan sendi dan menjaganya agar tetap sehat.

5. Kecantikan kulit

Air pada infused water memiliki peran yang penting dalam menjaga kadar kelembapan pada kulit secara optimal karena dapat membantu regenerasi sel-sel kulit. Sedangkan buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Itu lah beberapa manfaat yang akan kita dapat setelah mengkonsumsi infused water. Selain kaya rasa, kita juga mendapatkan banyak nutrisi dari setiap bahan yang ada di dalam infused water.

Claudia