blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jambu biji adalah buah yang sering kita jumpai, entah di pekarangan rumah atau mungkin kita beli di pasar-pasar. Mengutip dari Hallo Sehat dan allo dokter, rasanya yang manis membuat orang-orang begitu menyukai buah yang satu ini.

Dilansir dari Suara.com, ternyata juga jambu biji dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan olahan, seperti jus ataupun yang lainnya. Dan juga selain untuk di makan. Jambu biji juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah berkulitkan hijau ini.

Maka dari itu, berikut ini lima manfaat jambu biji bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan:

1. Melawan Radikal Bebas

Jambu biji berkhasiat untuk melawan Radikal bebas. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Daripada itu, adapula penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah atau menghentikan perkembangan sel kanker.

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu juga jambu biji juga dapat mengurangi intensitas buang air besar ataupun menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

3. Mencegah Demam Berdarah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ekstrak jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Pada daun jambu biji mengandung quercitin dapat meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan resiko pendarahan pada DBD.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A ada dalam jambu biji, vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata. Pasalnya juga vitamin A dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan penglihatan sekaligus degenerasi makula sekaligus perkembangan katarak.

5. Mengobati Jerawat

Jambu biji juga bisa untuk mengobati jerawat. Karena adanya kandungan vitamin K dalam jambu biji yang dapat membantu mengatasi jerawat, memudarkan flek hitam, serta mengubah perubahan warna kulit.

Itulah lima manfaat jambu biji yang bisa kamu dapatkan. Terlebih jambu biji tergolong mudah untuk kamu dapatkan. Kamu juga bisa menggunakan manfaat itu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Apalagi jika di rumahmu mempunyai tumbuhan jambu biji, kamu bisa menggunakan jambu biji itu dan memanfaatkannya, daripada dibuang secara cuma-cuma. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia