blank
Ilustrasi buah jamblang. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Apakah kamu pernah mengonsumsi buah jamblang atau yang mempunyai nama latin Syzygium cumini ini? Buah ini mempunyai bentuk seperti buah anggur dengan rasa yang khas yakni sepat masam.

Dilansir dari Suara.com selain itu, buah jamblang juga mempunyai warna hitam keunguan, bentuknya lonjong, kulitnya halus dan di dalamnya ada biji tunggal.

Nama lain buah jamblang adalah duwet dan bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi manisan.

Baca Juga: Empat Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin Dapat Meredakan Depresi

Tidak hanya rasa dan bentuknya menawan, buah jamblang juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Seperti dirangkum dari Klikdokter, berikut lima manfaat buah jamblang untuk kesehatan tubuh.

1. Cepat menyembuhkan luka

Buah jamblang mempunyai kandungan glukosida dan karena zat inilah yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka robek hingga luka bakar.

2. Jaga kesehatan jantung

Buah yang mirip anggur ini juga mengandung kalium yang dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga risiko hipertensi dan serangan jantung.

Baca Juga: Lima Manfaat Rutin Mengonsumsi Infused Water

Kemudian, buah jamblang juga mempunyai kandungan tanin yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung lainnya.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Seperti diketahui dalam 100 gram buah jamblang ini terdapat kandungan nutrisi mulai dari 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor. Dengan adanya kandungan tersebut membuat buah jamblang atau duwet baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Mencegah anemia

Apabila tubuh kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan kondisi seperti lemas, letih dan lesu. Dengan adanya zat besi dalam buah ini bsa membantu proses pembentukan sel darah merah, sehingg kamu bisa terhindar dari masalah anemia.

5. Bisa turunkan gula darah

Penyandang diabetes harus jeli dalam memilih buah yang akan dikonsumsi agar gula darah tidak naik. Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ini rupanya dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat.

Demikianlah tadi lima manfaat buah jamblang untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

Claudia