blank
Yoyok Sukawi. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anggota Executive Committee (Exco) PSSI, AS Sukawijaya atau yang biasa disapa Yoyok Sukawi, menjelaskan mengenai timeline rencana bergulirnya kembali Liga 1 musim 2022/2023. Dikatakannya, tidak benar Liga 1 akan digelar kembali mulai Senin (7/11/2022).

”Kemarin ada sedikit kesalahpahaman wawancara dengan rekan salah satu wartawan. Jadi sesuai timeline, Liga 1 akan kembali bergulir pada 25 atau 26 November 2022. Bukan 7 November,” kata Yoyok dalam keterangannya di Semarang, Senin (17/10/2022).

Menurut dia, sebelum itu, ada beberapa tahapan dari Oktober sampai November, yakni akan adanya lebih dahulu pertemuan antara FIFA dan PSSI, serta FIFA dan AFC, di Kuala Lumpur untuk berkoordinasi.

BACA JUGA: Antisipasi Musim Hujan, KAI Lakukan Pemetaan Daerah Rawan Banjir dan Longsor

Tak sampai di situ, Presiden FIFA Gianni Infantino juga dijadwalkan akan ke Jakarta, untuk menemui Presiden RI, Joko Widodo dan PSSI.

”Setelah kedatangan FIFA, nanti juga akan ada even FIFA Football for School, yang untuk pertama kalinya memastikan keamanan sepak bola di Indonesia,” lanjut Yoyok.

CEO PSIS ini juga mengungkapkan, Presiden FIFA dijadwalkan akan menghadiri even G20 di Bali, untuk memaparkan, Indonesia merupakan tempat yang aman dan nyaman dalam menggelar even sepak bola, serta lebih siap memulai kompetisi.

BACA JUGA: Pemkab Blora Raih Penghargaan JDIHN dari Kemenkumham RI

”Nanti Presiden FIFA juga akan hadir di pertemuan G20, untuk memaparkan Indonesia negara yang aman dalam menggelar even olahraga, khususnya sepak bola. Setelah itu, direncanakan pada 15-18 November 2022, akan ada pelatihan serta edukasi untuk penyelenggara dan fase tes kelanjutan Liga 1 musim 2022-2023,” terangnya.

Baru setelah ada pelatihan dan edukasi penyelenggara liga, kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 baru akan dilaksanakan di akhir November. ”Akhir November direncanakan tanggal 25 atau 26, Liga 1 baru aman mulai berjalan secara keseluruhan,” pungkasnya.

Riyan