blank
 Jajaran KAI Daop 4 Semarang melakukan pengecekan rel di sekitar stasiun Poncol Semarang, Rabu (19/10/2022).. Foto: PT KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mengantisipasi datangnya musim hujan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang secara intensif melakukan upaya dalam meminimalisasi potensi bahaya yang dapat terjadi dan mengganggu perjalanan kereta api.

Langkah yang dilakukan diantaranya melakukan pemetaan daerah rawan di wilayah Daop 4 Semarang, sehingga titik titik tersebut dapat dipantau dan dijaga oleh petugas.

“Petugas tersebut secara bergantian bersiaga selama 24 jam untuk terus memantau daerah rawan bencana. Para petugas juga dapat langsung melakukan tindakan jika terjadi masalah pada jalur rawan tersebut,” ungkap Kepala Daop 4 Semarang KAI, Wisnu Pramudyo.

Di wilayah Daop 4 Semarang sendiri, di tahun 2022 terdapat 36 titik rawan dengan rincian enam titik rawan banjir, tujuh titik rawan longsor, 13 titik rawan amblas, dan 10 titik rawan lainnya.

Selain itu, Daop 4 Semarang juga secara rutin melaksanakan pemeriksaan lintas dengan berjalan kaki oleh jajaran Top Manajemen yang dilakukan setiap minggunya.