blank
Mandi Wajib ala Nabi Muhammad SAW

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sebagian orang membenci rasa dingin air yang menyentuh tubuhnya. Bahkan ada yang sampai malas mandi saking tidak sukanya pada suhu air yang terlalu dingin menurut mereka.

Dilansir dari Suara.com, padahal mandi menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, yuk simak poin-poin di bawah ini agar kamu tidak malas lagi bersentuhan dengan air dingin.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses yang terjadi dalam tubuh kita, proses tersebut berupa pengolahan zat makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi. Melansir theconversation.com, sebuah studi menemukan bahwa perendaman tubuh dengan air dingin bersuhu 14 derajat celcius meningkatkan metabolisme hingga 350%.

Baca Juga: Lima Manfaat Rutin Mengonsumsi Infused Water

2. Mengencangkan Kulit

Untuk manfaat mandi air dingin yang satu ini, sudah tidak asing lagi bukan? Hal ini disebabkan karena air dingin bisa membantu mengecilkan pori-pori pada kulit kita. Tidak heran banyak dokter kecantikan yang menyarankan kita untuk rajin cuci muka pakai air dingin agar kulit wajah lebih kencang dan awet muda.

3. Mencegah Pilek

Lho, bukannya air dingin itu justru bisa menyebabkan pilek? Tentu saja tidak. Justru mandi dengan air dingin bisa mencegah kita terserang penyakit influenza tersebut.

Seperti yang dikatakan salah satu artikel dari www.healthyline.com bahwa kejutan air dingin dalam aliran darah merangsang leukosit. Artinya, mandi air dingin dapat membantu daya tahan tubuh anda terhadap penyakit umum, seperti pilek dan flu.

4. Bisa Meredakan Depresi

Bahkan mandi air dingin juga bermanfaat untuk kesehatan mental kita lho! Kali ini dikutip dari health.clevelandclinic.org, bahwa para peneliti menemukan kalau mandi air dingin dapat membantu meringankan gejala depresi. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang bisa melawan tekanan stres dalam pikiran kita.

Meski memiliki banyak manfaat, mandi air dingin juga bisa menimbulkan bermacam-macam risiko. Tergantung pada wilayah tempat kita tinggal dan kondisi tubuh yang kita miliki. Waktu mandi dengan air dingin juga perlu diperhatikan ketepatannya.

Claudia