blank
Ilustrasi cincau hijau. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cincau hijau merupakan salah satu jenis minuman segar pelepas dahaga yang banyak diminati oleh masyarakat. Cincau hijau ini sendiri berasal dari hasil perasan tanaman Cyclea barbata dan Cocculus orbiculatus dari suku Menispermaceae. Tanaman jenis Cyclea ini ternyata mudah tumbuh dengan hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Dilansir dari Suara.com, dari sisi kesehatan cincau hijau dinilai memiliki beragam manfaat yang menjanjikan, bahkan memiliki kemampuan dalam menangkal serangan radikal bebas. Nah untuk lebih jelasnya, di artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai manfaat cincau hijau bagi kesehatan, berikut lima diantaranya.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berdasarkan penelitian dari Procedia Chemistry, menjelaskan bahwa cincau hijau memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, seperti mencegah terjadinya penyakit magh, sembelit, dan melindungi usus dari diare dengan kemampuan penyembuhannya yang setara dengan konsumsi obat loperamide.

Baca Juga: Dapat Turunkan Gula Darah, Lima Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Tubuh

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah studi dari Journal of Engineering and Science Research menemukan fakta bahwa cincau hijau mengandung antioksidan berupa flavonoid yang mampu melindungi sel beta pankreas dari radikal bebas sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain itu Serat yang terkandung dalam cincau hijau juga berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat lain yang ditawarkan oleh cincau hijau bagi kesehatan, yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan flavonoid, alkaloid, terandin, dan saponin sebagai antioksidan sebagai senyawa bioaktif yang terdapat pada cincau hijau berperan sebagai imunomodulator untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan menjaga keseimbangan dan kadar fungsi sel leukosit.

Baca Juga: Empat Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin Dapat Meredakan Depresi

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada cincau hijau seperti isokandrodendrin dan S-S tetandrin dinilai ampuh dalam menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara, dan leher rahim.

5. Mengatasi Demam

Melansir dari laman Klikdokter.com, bahwa kandungan senyawa bioaktif yang terdapat pada cincau hijau seperti polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, cardioplegicum, dan tentradin juga mampu memberikan efek antidemam dan antitoksin yang dapat menjadi alternatif obat penurun panas demam.

Claudia