blank
Manfaat dari bercocok tanam dengan sistem hidroponik

suarabaru.id – Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tumbuhan.

Teknik menanamnya bisa menggunakan media tanam non tanah, seperti kerikil, pasir kasar ataupun sabut kelapa.

hidroponik terus berkembang pesat. Tidak hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia. Caranya sama, yakni dengan menjadikan air sebagai medium utamanya.

baca juga : Suzuki Carry Tersambar KA di Perlintasan Tanpa Palang di Grobogan, Dua Tewas

Jadi bercocok tanam secara hidroponik sangat cocok diterapkan di perkotaan dan kampung-kampung dengan lahan yang terbatas

Beberapa manfaat hidroponik untuk keluarga adalah:

-Bebas dari pestisida
Hasil tanaman hidroponik disebut lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia. Pestisida sering digunakan untuk membasmi hama, sedangkan dalam hidroponik jumlah hama bisa berkurang atau bahkan tidak ada karena menggunakan air sebagai medium utama.

-Dapat ditanam dilahan sempit
Cocok diterapkan di lahan sempit atau terbatas karena tidak memerlukan pot besar atau tanah yang luas.

baca juga : 7 shio ini di ramalkan nasibnya bakal banjir kekayaan yang berlimpah di tahun kelinci air tahun 2023 nanti!

-Dapat menghindari penggunaan pestisida
Budidaya tanaman dengan cara konvensional sangat jarang yang tidak memakai pestisida. Namun dengan memakai teknik hidroponik, pemilik tanaman dapat mengurangi penggunaan pestisida.

-Kualitas tanaman terjamin
Teknik ini adalah teknik berkebun yang dapat dilakukan di rumah. Karena itu tanaman dapat diolah sebaik mungkin dan sesuai dengan kebutuhan.

-Tanaman hidroponik tumbuh lebih cepat
Ini adalah salah satu manfaat yang membuat banyak orang tertarik beralih ke teknik hidroponik. Karena perawatan yang tepat, tanaman yang dibudidaya dengan teknik ini dapat tumbuh jauh lebih cepat.

baca juga : Ramalan tahun kelinci air tahun 2023, 7 shio ini bakal di naungi keberuntungan yang besar.

-Tidak ada gulma
Jika budidaya tanaman secara konvensional pasti selalu ada gulma yang tumbuh. Berbeda dengan teknik hidroponik, media tanam hanya ditumbuhi tanaman inti saja. Berkebun dengan teknik ini lagi dapat menghemat air serta menghasilkan tanaman hidroponik yang berkualitas.

-Lebih sehat
Karena media tanam dapat digunakan berulang ulang.

– Meningkatkan penghasilan keluarga
Pengaplikasian yang mudah bisa digunakan untuk usaha sampingan, sayuran yang dihasilkan pun punya nilai jual yang tinggi karena lebih sehat dan berkualitas.