blank
Ilustrasi buah manggis. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Manggis jadi salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat, mulai dari daging buah, biji, hingga kulitnya dikenal mempunyai efek yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari Suara.com Memiliki nama lain Garcinia mangostana, buah tropis ini berasal dari Asia dan merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia serta terbilang cukup mudah untuk ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Sementara itu, manggis juga mempunyai beragam manfaat untuk ibu hamil.

Tidak hanya mempunyai cita rasa yang manis, manggis juga memiliki beragam kandungan nutrisi penting yang diperlukan selama kehamilan.

Baca Juga: Selain Mengurangi Strees, Empat Manfaat Me Time Bagi Kesehatan Fisik

Diketahui bahwa manggis memiliki kadungan natrium, kalium, zat besi, serat, kalsium, fosfor, tembaga, magnesium, mangan, dan berbagai ragam vitamin seperti B1, vitamin B2, vitamin B3, dan juga vitamin C, yang diperlukan ibu hamil.

Dirangkum dari Hellosehat dan SehatQ, berikut beberapa manfaat manggis untuk ibu hamil.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bukan hanya folat, buah manggis juga mempunyai kandungan serat. Sementara itu, berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah manggis yang masih segar terkandung 1,5 gram serat di dalamnya.

Baca Juga: Dapat Meredakan Nyeri Saat Haid, Lima Manfaat Daun Suji

Sedangkan mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan membantu memperlancar sistem pencernaan sekaligus mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil.

Apalagi sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering kali terjadi pada ibu hamil terutama pada trimester awal kehamilannya. Karenanya mengonsumsi manggis dapat membantu ibu hamil untuk menghindari hal tersebut.

2. Mecegah Terjadinya Cacat Lahir

Ibu hamil membutuhkan folat, sedangkan buah manggis menjadi salah satu buah penyumbang folat yang baik. Folat merupakan kelompok vitamin B (B9) yang akan berperan penting untuk pertumbuhan serta perkembangan janin, terutama pada sistem saraf mereka.

Baca Juga: Lima Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan

Sementara itu, telah terbukti bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folat dapat mencegah terjadinya cacat lahir, seperti anencephaly, dan juga spina bifida.

Namun demikian, untuk mencegah terjadinya cacat lahir secara maksimal, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung folat sedini mungkin. Bahkan, ada baiknya bila asupan folat telah tercukupi dengan bik sebelum terjadinya pembuahan serta kehamilan.

3. Menyehatkan Sistem Imun

Seperti yang diketahui bahwa buah manggis memiliki kandungan serat dan juga vitamin C. Sedangkan serat merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam sistem imun, dan vitamin C sendiri dapat mengoptimalkan kinerja sel-sel yang akan mendukung sistem imun di dalam tubuh ibu hamil.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

Tak hanya itu saja, adanya sifat antibakteri dalam buah manggis juga bisa membantu dalam melawan bakteri agar tak masuk ke tubuh sehingga tidak dapat sampai ke janin. Meskipun begitu, manfaat buah manggis yang satu ini masih perlu diteliti lebih dalam.

4. Mencegah Kanker

Manggis juga dikenal sebagai buah yang diperkaya akan xanthone, yakni senyawa yang berguna sebagai anti-kanker. Kandungan tersebut merupakan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh selama masa kehamilm.

Bukan hanya itu saja, senyawa xanthone juga akan bermanfaat dalam menghasilkan anti-inflamasi, antipenuaan, antikanker, dan juga antidiabetik.

Itulah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Apakah kamu salah satu orang yang menyukainya?

Claudia