blank
Ilustrasi daun suji. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun suji dengan nama latin Dracaena angustifolia sendiri sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Daun ini menjadi salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik, tapi selain sebagai pewarna alami, daun suji juga memiliki manfaat kesehatan lho!

Nah, penasaran kan? Berikut ini adalah penjelasannya yang dilansir dari laman alodokter.com.

Pertama, seperti yang sudah disebutkan diatas. Daun suji kaya akan klorofil yang bersifat antioksidan. Nah, antioksidan kan bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang menyebabkan penuaan dini, dilansir dari Suara.com pada Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Selain Mengurangi Strees, Empat Manfaat Me Time Bagi Kesehatan Fisik

Selain itu, klorofil juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, seperti sembelit, kelelahan kronis, dan obesitas.

Dikenal sebagai bahan pewarna makanan alami, daun suji juga memiliki manfaat kesehatan seperti di bawah ini.

1. Meredakan nyeri haid

Kenapa sih saat haid wanita akan merasa nyeri, ini bisa terjadi karena meningkatnya hormon prostaglandin selama haid. Hormon tersebut dapat memicu kontraksi otot rahim yang menyebabkan peradangan dan nyeri haid.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

Nah, cara mengolahnya kamu bisa merebus 20 gram daun suji segar dengan 2 gelas air hingga berkurang setengahnya. Lalu, saring rebusan air tersebut dan dinginkan. Kamu bisa meminumnya 1 gelas sehari.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Yap, tak hanya nyeri haid. Ekstrak daun suji juga diketahui sudah lama dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pernapasan, seperti sesak napas pada penderita asma dan batuk.

3. Meredakan gejala syok anafilaktik

Yang tak tahu gejala ini, syok anafilaktik merupakan gejala reaksi alergi berat dan mengancam jiwa karena adanya respons berlebihan sistem imun tubuh terhadap suatu senyawa, seperti makanan atau obat-obatan.

Baca Juga: Menciptakan lahan berkebun di lahan sempit sistem hidroponik memiliki beragam manfaat

Nah, daun suji kaya akan flavonoid yang diyakini dapat meredakan gejala syok anafilaktik. Akan tetapi, untuk penelitian pada manusia perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya manfaat di atas, daun suji juga bisa menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Dimana, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun suji bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah sampai 50%.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan flavonoid pada daun suji juga berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat.

Baca Juga: Lima Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan

Nah, imun tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis, seperti kanker.

Nah, bagaimana? Cukup menarik bukan manfaat dari daun yang satu ini. Tapi, jika kamu ingin lebih jelasnya kamu bisa berkonsultasi kepada yang lebih ahli atau dokter.

Claudia