blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto (kanan) memukul kentongan menandai penutupan TMMD. Didampingi (urut dari kiri ke kanan) Kepala Dinas PMD Antonius Purnama Adi, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kajari Porman Patuan Radot.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) –  Program TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh prajurit jajaran TNI Kodim 0728/Wonogiri, Kamis (9/11) ditutup. Ditandai pemukulan kentong nada Uluk-uluk oleh Dandim Letkol (Inf) Deny Octavianto dan peresmian jalan tembus lintas kecamatan.

Upacara penutupan digelar di Lapangan Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Ikut mendampingi Dandim memukul kentongan, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kajari Porman Patuan Radot dan Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Antonius Purnama Adi.

Ikut hadir dalam upacara penutupan, Kasilog Korem 074/Warastratama Mayor (Cba) Wiwin Yuni Purwanto, Staf Ahli Bupati Aris Tribudaya dan Suharno, Kakanmivetcad IV/34 Kapten (Czi) Irawan Budi dan jajaran Forkopincam Eromoko.

Acara itu dirangkai dengan peresmian jalan tembus antarwilayah kecamatan, yang menghubungkan Dusun Dayakan, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, dengan Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. Dibangun sejak Tanggal `11 Oktober sampai dengan 9 Nopember 2022.

Panjang 891 Meter

Jalan sepanjang 891 Meter (M) dengan lebar 3 M itu, dicor beton dengan lapis ketebalan 0,12 M. Pembangunannya menelan dana Rp 397.993.350,-, bersumber dari APBD Provinsi sebesar Rp 165 juta, dari APBD Kabupaten sebesar Rp 200 juta dan hasil Swadaya Masyarakat sebesar Rp 32.993.350,-.

Peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan naskah hasil TMMD dari Dandim kepada Bupati Wonogiri yang diwakili oleh Kepala PMD, dan pengguntingan untaian bunga melati.

Dalam rangkaian acara penutupan TMMD Sengkuyung tersebut, dilakukan penanaman pohon Alpukat dan Mangga oleh Forkopimda. Juga dilaksanakan penyuntikan vaksin anti-Penyakit Mulut Kuku (PMK) sebanyak 220 sapi oleh Dinas Kelautan da Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri.

Warga Dusun Dayakan, Nanan Tarmono (50), mengatakan, dirinya sangat senang dengan hadirnya jalan tembus tersebut. Ini bermanfaat untuk memperlancar hubungan darat, dalam mendukung kelancaran roda perekonomian rakyat, pendidikan maupun kesehatan.

Bambang Pur