Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hampir setiap orang pasti menyukai bunga dan salah satunya bunga lavender. Bunga lavender merupakan tanaman yang biasanya dapat digunakan menjadi minyak atau aroma wewangian.

Akan tetapi, tanaman lavender ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman herbal untuk mengobati bermacam masalah kesehatan.

Dilansir dari Suara.com, dalam bunga lavender sendiri terdapat senyawa flavonoid yang mana bersifat sebagai anti peradangan alias mampu mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Selain Kopi, Delapan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Tanaman ini juga mengandung linalool yang dapat mengurangi rasa kecemasan dan juga mengelola tekanan darah. Dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah manfaat bunga lavender bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Bisa meningkatkan kualitas tidur

Dalam sebuah penelitian memperlihatkan bahwa tanaman lavender ini bisa meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh.

Melatonin adalah hormon alami dalam tubuh yang mempunyai peranan dalam mengatur pola tidur dan bisa membuat kualitas tidur lebih baik.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

2. Bisa untuk mengatasi sakit kepala

Manfaat bunga lavender untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa mengurangi rasa sakit kepala hal ini lantaran berasal dari sifat anti peradangan atau senyawa flavonoid di dalamnya.

3. Masalah suasana hati bisa diatasi

Bunga lavender juga dipercaya bisa untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan suasana hati dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan dalam sebuah penelitian, bunga lavender ini juga bisa mengurangi rasa kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Nyeri Saat Haid, Tujuh Manfaat Buah Pepaya

4. Bisa meredakan nyeri haid

Wanita yang menghirup aroma bunga lavender ini selama kurang lebih 30 menit sehari selama tiga hari saat sedang menstruasi akan terasa tidak sakit setelah dua bulan.

Kemudian dalam penelitian yang lain menyebutkan bahwa dengan mengoleskan minyak esensial lavender ke bagian perut, hal ini bisa sedikit mengurangi rasa nyeri haid.

5. Bisa membunuh virus dan bakteri

Pada zaman terdahulu, sebelum telah ditemukan antiseptik orang-orang bisa menggunakan lavender untuk membersihkan rumah sakit.

Hal ini karena tanaman lavender ini mempunyai sifat antimikroba dan anti virus yang efektif juga bisa membunuh bakteri dan virus.

Claudia