blank
Ilustrasi buah pepaya. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang paling digemari banyak orang. Selain lembut saat dimakan, ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat jika kita memakannya.

Dilansir dari Suara.com, buah pepaya mengandung beragam macam antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain antioksidan buah pepaya juga mengandung beragam nutrisi, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Serat, Kalsium, Potasium, Folat, dan Magnesium.

Kebanyakan orang mengenal buah pepaya hanya bisa membantu melancarkan pencernaan saja. Padahal, sebenarnya ada banyak manfaat lain dari buah pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh, berikut diantara manfaatnya melansir dari alodokter.com.

Baca Juga: Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil

1. Menyehatkan mata

Buah pepaya mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein serta vitamin A, yang dapat mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan dapat melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.

2. Mencegah penuaan dini

Antioksidan dan flavonoid yang ada pada buah pepaya, bisa mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit terlihat lebih muda, kencang, dan dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah.

3. Mencerahkan kulit

Buah pepaya bukan hanya sebagai obat mencegah sembelit, ternyata buah pepaya juga bisa membuat kulit menjadi sehat dan juga akan membuat kulit lebih glowing secara alami. Karena buah pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan pada kulit dari radikal bebas dan sebagai anti bakteri yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Baca Juga: Empat Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Nyeri dan Peradangan

4. Mengurangi stres

Selain enak dimakan, buah pepaya juga bisa membantu mengurangi stres Anda. Hal itu karena buah pepaya memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi yang terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah pepaya mengandung beragam antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu buah pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan likopen di dalam pepaya, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Menyehatkan rambut

Selain dimakan buah pepaya juga bisa diolah menjadi masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut, Hal itu karena buah pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Mengurangi nyeri saat haid

Buah pepaya mengandung enzim papain yang akan membantu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi. Oleh karena itu jika Anda perempuan yang selalu berjuang mengatasi rasa nyeri haid setiap bulan, wajib coba maka buah yang satu ini.

Claudia