blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di tengah kesibukan belajar atau bekerja yang terkadang membosankan, tak ada salahnya bila kamu mencoba me time. Kegiatan ini menjadi momen sekaligus kesempatan baik bagi kamu untuk meluangkan waktu yang dimiliki hanya untuk dirimu sendiri.

Dilansir dari Suara.com, bukan bermalas-malasan, me time bisa menjadi salah satu jalan agar Anda bisa lebih fresh dan produktif setelahnya. Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan positif sehingga waktu Anda tetap bermanfaat walaupun sedang me time, misalnya dengan membaca buku.

Melakukan me time menjadi hal yang penting, salah satunya untuk memastikan bahwa Anda tidak kelelahan baik secara fisik maupun mental, atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan burn out. Lantas apa saja manfaat dari me time? Simak uraiannya berikut ini!

Baca Juga: Selain Kopi, Delapan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Pada Pagi Hari

1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat me time yakni dapat memberikan kesempatan pada tubuhmu agar mempunyai waktu beristirahat dari padatnya aktivitas serta tuntutan sosial yang kamu miliki.

Bukan hal yang mustahil bila Anda merasa penat dan stres sebab terlalu banyak mendapatkan tekanan. Oleh karena itulah me time yang cukup bisa Anda lakukan sebagai salah satu metode untuk mengelola stres sekaligus menenangkan diri.

2. Menyegarkan Otak dan Lebih Produktif

Meskipun fungsi otak adalah untuk berpikir, tetapi ada kalanya otak juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Apabila otak terus-menerus dipaksakan untuk berpikir tanpa beristirahat, bukannya tidak mungkin bila Anda akan merasa burn out, atau kelelahan mental dan fisik karena bekerja.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

Namun, dengan melakukan me time kamu akan memberikan otak kesempatan untuk menjadi lebih fresh. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih produktif dalam setiap aktivitas setelah melakukan me time. Hal ini dikarenakan otak dan pikiran Anda pun sudah menjadi lebih tenang dan nyaman daripada sebelumnya.

3. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Bukan hanya mengurangi stres, tetapi me time juga memberikan kesempatan pada Anda untuk lebih mengenali diri sendiri secara mendalam. Dengan melakukan me time Anda dapat bertanya pada diri sendiri mengenai apa saja yang Anda suka dan hal seperti apa yang tidak Anda inginkan.

Dengan demikian Anda akan lebih mudah menyadari berbagai hal yang akan membuat kamu merasa nyaman dan bahagia dan bagaimana langkah untuk mencapainya. Yang secara tidak langsung hal ini bisa membuat Anda lebih mudah untuk menentukan masa depan sebagaimana yang telah Anda impi-impikan.

Baca Juga: Lima Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Mungkin Anda juga setuju bahwa memaksakan diri untuk bekerja secara terus-meners akan membuat konsentrasi semakin berkurang hingga akhirnya tak dapat memaksimalkan pekerjaan yang harusnya diselesaikan.

Oleh karenanya me time dapat menjadi salah satu kegiatan untuk beristirahat sejenak sehingga dengan jeda yang kamu miliki, kedepannya kemampuan konsentrasi Anda akan meningkat. Hal ini berdampak baik bagi dirimu dalam memaksimalkan kemampuan memecahkan masalah yang Anda hadapi.

Claudia