Usai penutupan TMMD dilakukan peninjauan jalan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahap III tahun 2022 di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, resmi ditutup oleh Kepala Staf Kodim 0705/ Magelang Mayor Inf Sudarno, Rabu (9/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Mayor Inf Sudarno. Saat membacakan amanat Panglima Kodam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak. Di antaranya anggota TNI-Polri, Pemda dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-115.

Disebutkan, TNI AD telah melaksanakan program TMMD sejak tahun 1980 dan manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Kodam IV/Diponegoro sebagai bagian dari TNI AD melalui program TMMD Reguler dan Sengkuyung berupaya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun ini Kodam IV/ Diponegoro menggelar program TMMD ke-115 secara tersebar di wilayah Jateng dan DIY. Berkat kerja sama semua pihak, sasaran fisik berupa pembangunan jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi rumah ibadah, sekolah, RTLH dan sanitasi warga dapat terselesaikan.

Selain itu sasaran non fisik berupa sosialisasi terhadap stunting, pembekalan Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan bela negara, bahaya narkoba, pertanian, peternakan dan lain-lain dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana.

Diakhir amanat, Panglima berpesan agar memelihara gotong royong, sinergitas, dan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat demi menjalin kemanunggalan TNI dan rakyat. Selain itu jaga dan rawat sarana hasil TMMD agar bermanfaat bagi masyarakat dan memiliki usia yang panjang.

“Kepada Dansatgas TMMD agar melakukan evaluasi sebagai bahan perbaikan pelaksanaan TMMD mendatang, dan selalu jaga kesehatan dengan berolahraga dan tetap terapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sasaran fisik program TMMD Sengkuyung Kabupaten Magelang yang dimulai 11 Oktober sampai 9 November tersebut telah menyelesaikan pembuatan cor blok jalan sepanjang 682 meter, lebar dua meter. Sedangkan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan tentang Bela Negara dari Kodim 0705/Magelang, penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan dari Kesbangpol Kota Magelang, penyuluhan tentang Kamtibmas/Narkoba dari Polres Magelang Kota dan penyuluhan tentang Kesehatan dari Puskesmas Dukun, Kabupaten Magelang.

Eko Priyono